Friday 21 February 2020

Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan [Soal UN dan Pembahasan]

Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan [Soal UN dan Pembahasan]

Pembahasan soal Biologi Ujian Nasional (UN) SMA-IPA dengan materi pembahasan Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan yang meliputi percobaan faktor eksternal seperti cahaya, media tanam (nutrisi), hormon pertumbuhan, dan pemupukan.

Soal No. 1

Data hasil perkecambahan biji kacang hijau pada dua tempat yang berbeda.

Data hasil perkecambahan biji kacang hijau pada dua tempat yang berbeda, tabel soal Biologi SMA UN 2019

Percobaan dilanjutkan hingga hari ke-20 dengan menukar perlakuan, kecambah (I) diletakkan di tempat terang dan kecambah (II) diletakkan di tempat gelap. Bagaimana kemungkinan pertambahan tinggi kecambah (II) pada hari ke-20?

A.Pertumbuhan terganggu.
B.Peningkatan pertambahan tinggi.
C.Tidak terjadi pertumbuhan lagi.
D.Kecambah menjadi kerdil.
E.Kecambah mati.
UN 2019




Pembahasan

Ketika berada di tempat yang gelap (tanpa cahaya), kecambah (I) cenderung memanjang untuk menjangkau cahaya. Kecenderungan ini dikendalikan oleh hormon auksin yang hanya aktif ketika tidak ada cahaya. Akibatnya, kecambah (I) berbatang panjang, tidak kokoh, dan daun pucat karena kurang cahaya.

Sedangkan kecambah (II) tumbuh normal dengan batang pendek dan kokoh serta berdaun hijau segar. Saat kecambah (II) dipindah ke tempat yang gelap, hormon auksin menjadi aktif. Batangnya akan memanjang untuk menjangkau keberadaan cahaya.

Jadi, kemungkinan pertumbuhan kecambah (II) pada hari ke-20 adalah peningkatan pertambahan tinggi (B).

Soal No. 2

Seorang siswa melakukan pengamatan perkecambahan biji kacang. Dia berpikir bahwa pemberian pupuk urea pada saat perkecambahan akan meningkatkan kecepatan perkecambahan. Untuk membuktikan hal tersebut, dia merancang percobaan dengan menggunakan 3 pot yang berbeda yang ditanami biji dengan spesies dan jumlah yang sama. Pot A ditanam dengan memberikan air biasa, pot B ditambahkan larutan pupuk urea sebesar 5%, dan pot C ditambahkan larutan pupuk ZA sebesar 5%. Kedua pot diletakkan pada tempat yang sama intensitas cahayanya. Setiap hari selama lima hari siswa tersebut melakukan pengukuran pertumbuhan tinggi batang pada kedua pot.

Berdasarkan data di atas maka dapat diketahui variabel bebas, variabel terikat, dan kontrol secara berurutan dari percobaan tersebut adalah ….

A.penggunaan pupuk, tinggi tanaman, dan intensitas cahaya matahari
B.jenis pupuk, tinggi tanaman, dan intensitas cahaya matahari
C.intensitas cahaya matahari, penggunaan pupuk, dan tinggi tanaman
D.intensitas cahaya matahari, tinggi tanaman, dan jenis pupuk
E.tinggi tanaman, intensitas cahaya matahari, dan kadar pupuk yang digunakan
UN 2018

Pembahasan

Pengertian ketiga variabel di atas adalah sebagai berikut:
  • Variabel bebas adalah variabel yang sengaja diubah-ubah untuk mendapatkan hubungan antara besaran yang satu dengan yang lain. Pada percobaan di atas, jenis pupuk sengaja diubah-ubah, pot B menggunakan pupuk urea dan pot C menggunakan pupuk ZA.
  • Variabel terikat adalah variabel hasil, nilainya berubah karena perubahan variabel bebas. Pada percobaan di atas, tinggi tanaman merupakan hasil yang diharapkan berbeda antara jenis pupuk urea dan ZA.
  • Variabel kontrol adalah variabel yang sengaja dipertahankan tetap. Pada percobaan di atas, intensitas cahaya dibuat sama antara pot B dan C.
Jadi, variabel bebas, variabel terikat, dan kontrol secara berurutan adalah jenis pupuk, tinggi tanaman, dan intensitas cahaya matahari (B).

Soal No. 3

Perhatikan data hasil percobaan pertumbuhan tanaman kacang hijau berikut!

Data hasil percobaan pertumbuhan tanaman kacang hijau, pengaruh hormon, tabel soal Biologi SMA UN 2017

Dari data di atas, dapat disimpulkan bahwa pertumbuhan kacang hijau ….

A.tidak dipengaruhi oleh hormon tumbuh
B.sangat tergantung pada penambahan hormon
C.hanya sedikit dipengaruhi oleh penambahan hormon
D.akan lebih cepat jika ditambah hormon tumbuh
E.hanya dapat terjadi bila ditambah hormon tumbuh
UN 2017



Pembahasan

Berdasarkan data pada tabel di atas, kita dapat mengamati bahwa kacang hijau tetap mengalami pertumbuhan meskipun tanpa diberi hormon tumbuh. Tetapi ketika diberi hormon tumbuh, pertumbuhan kacang hijau tersebut menjadi lebih cepat. Rata-rata pertumbuhannya hampir dua kali lipat.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa pertumbuhan kacang hijau akan lebih cepat jika ditambah hormon tumbuh (D).

Soal No. 4

Berikut ini merupakan data hasil percobaan pengukuran kacang tanah oleh sekelompok siswa. Volume media yang digunakan sama. Pengukuran dilakukan saat mulai muncul daun dan penyiraman dilakukan dengan frekuensi sama.

data hasil percobaan pengukuran kacang tanah oleh sekelompok siswa dengan media tanam yang berbeda, media tanah dan kapas basa, tabel soal Biologi SMA UN 2016

Faktor yang memengaruhi pertumbuhan kacang tanah berdasarkan data tersebut adalah ….

A.penyiraman
B.nutrisi
C.kelembaban udara
D.suhu udara
E.jenis tanaman
UN 2016

Pembahasan

Berdasarkan tabel di atas, tampak bahwa perlakuan dengan media tanah menunjukkan pertumbuhan batang yang lebih tinggi daripada kapas basah.

Antara media tanah dan kapas basah, yang membedakan adalah nutrisi yang dikandungnya. Media tanah mempunyai nutrisi yang lebih lengkap daripada kapas basah.

Jadi, faktor yang memengaruhi pertumbuhan kacang tanah berdasarkan data tersebut adalah nutrisi (B).

Soal No. 5

Seorang siswa melakukan pengamatan pertumbuhan suatu tanaman hias. Media tanaman tersebut ada yang diberi pupuk A, pupuk B, dan pupuk C. Selama 21 hari dilakukan pengukuran tinggi tanaman, jumlah bunga, dan kecerahan warna bunga. Hasil pengamatan ditampilkan pada tabel berikut.

Hasil pengamatan terhadap pertumbuhan tanaman hias yang diberi pupuk, tinggi tanaman, jumlah bunga, dan kecerahan warna

Yang menjadi variabel bebas dari penelitian tersebut adalah ….

A.macam-macam pupuk
B.kelembaban media tanam
C.kecerahan warna bunga
D.tinggi tanaman
E.warna bunga
UN 2015

Pembahasan

Variabel bebas adalah variabel yang memengaruhi faktor-faktor yang diukur. Dalam penelitian tersebut, macam-macam pupuk merupakan variabel bebas yang akan memengaruhi faktor-faktor tinggi tanaman, jumlah bunga, dan kecerahan bunga. Faktor-faktor yang dipengaruhi variabel bebas tersebut disebut variabel terikat.

Jadi, yang menjadi variabel bebas dari penelitian tersebut adalah macam-macam pupuk (A).

Pembahasan soal lain tentang Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan bisa disimak di:
Pembahasan Biologi UN 2014 No. 23

Simak juga:
Data Hasil Uji Laboratorium Klinis [Soal UN dan Pembahasan]
Struktur, Fungsi, dan Susunan Kimia Sel [Soal UN dan Pembahasan].

Dapatkan pembahasan soal dalam file pdf  di sini.

Demikian, berbagi pengetahuan bersama Kak Ajaz. Silakan bertanya di kolom komentar apabila ada pembahasan yang kurang jelas. Semoga berkah.

No comments:

Post a Comment

Maaf, komentar yang tidak berhubungan dengan konten, banyak mengandung singkatan kata, atau mengandung link aktif, tidak kami tayangkan.

Komentar Anda akan kami moderasi sebelum kami tayangkan. Centang 'Notify me' agar Anda mendapat pemberitahuan lewat email bahwa komentar Anda sudah ditayangkan