Thursday, 7 April 2016

Pembahasan Soal Numerikal No. 16 - 22 TKPA SBMPTN 2015

Pembahasan soal Tes Kemampuan dan Potensi Akademik (TKPA) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun 2015 kode naskah 602 subtes Numerikal nomor 16 sampai dengan nomor 22 tentang Pola Bilangan.

Soal Numerikal No. 16

7, 5, 11, 8, 6, 12, 9, 7, ....

A.   16
B.   13
C.   11
D.   6
E.   5




Pembahasan

Pola bilangan yang naik-turun biasanya terdiri dari gabungan dari beberapa pola bilangan. Pola bilangan seperti ini sering juga disebut pola bilangan loncat. Perhatikan ilustrasi berikut ini.

Pola bilangan loncat, gabungan beberapa pola bilangan

Pola bilangan tersebut terdiri dari tiga barisan aritmetika dengan beda 1:

7, 8, 9, ...
5, 6, 7, ...
11, 12, 13, ...

Jadi, pola berikutnya pada pola bilangan tersebut adalah 13 (B).

Soal Numerikal No. 17

9, 10, 8, 11, 7, 12, 6, ....

A.   3
B.   5
C.   7
D.   11
E.   13

Pembahasan

Pola bilangan di atas juga merupakan pola bilangan loncat. Perhatikan ilustrasi pola bilangan tersebut.

Pola bilangan 9, 10, 8, 11, 7, 12, 6, ...

Pola bilangan tersebut terdiri dari dua barisan aritmetika yang masing-masing mempunyai beda −1 dan 1:

9, 8, 7, 6, ...
10, 11, 12, 13, ...

Jadi, pola berikutnya pada pola bilangan tersebut adalah 13 (D).

Soal Numerikal No. 18

7, 5, 10, 5, 3, 6, 3, 1, ....

A.   0
B.   1
C.   2
D.   3
E.   6

Ebook Pembahasan Soal SBMPTN

Pembahasan

Ilustrasi untuk pola bilangan di atas adalah:

Pola bilangan 7, 5, 10, 5, 3, 6, 3, 1, ....

Pola bilangan tersebut merupakan gabungan dari tiga barisan aritmetika, yaitu:

7, 5, 3, ...
5, 3, 1, ...
10, 6, 2, ...

Jadi, pola berikutnya pada pola bilangan tersebut adalah 2 (C).

Soal Numerikal No. 19

2, 8, 4, 16, 8, 32, 16, 64, ....

A.   16
B.   24
C.   32
D.   72
E.   128

Pembahasan

Perhatikan ilustrasi untuk pola bilangan di atas!

Pola bilangan 2, 8, 4, 16, 8, 32, 16, 64, ....

Pola bilangan tersebut merupakan gabungan dari dua barisan geometri dengan rasio 2.

2, 4, 8, 16, 32, ...
8, 16, 32, 64, ...

Jadi, pola berikutnya pada pola bilangan tersebut adalah 32 (C).

Soal Numerikal No. 20

6, 9, 15, 27, 51, 99, 195, ....

A.   267
B.   297
C.   347
D.   387
E.   397




Pembahasan

Pola bilangan pada soal di atas merupakan pola bilangan dengan selisih yang selalu berubah. Tetapi perubahan selisihnya selalu tetap, yaitu 2 kali dari selisih sebelumnya.

Pola bilangan 6, 9, 15, 27, 51, 99, 195, ...., selisih selalu berubah 2 kali selisih sebelumnya

Jadi, pola berikutnya pada pola bilangan tersebut adalah 387 (D).

Soal Numerikal No. 21

8, 7, 6, 6, 4, 5, 2, 4, ....

A.   0
B.   2
C.   3
D.   4
E.   6




Pembahasan

Ilustrasi untuk pola bilangan di atas adalah:

Pola bilangan 8, 7, 6, 6, 4, 5, 2, 4, ....

Pola bilangan tersebut terdiri dari 2 barisan aritmetika dengan benda −2 dan −1:

8, 6, 4, 2, 0, ...
7, 6, 5, 4, ...

Jadi, pola berikutnya pada pola bilangan tersebut adalah 0 (A).

Soal Numerikal No. 22

5, 6, 4, 12, 16, 11, 66, ....

A.   10
B.   33
C.   73
D.   77
E.   86




Pembahasan

Pola bilangan yang satu ini agak berbeda dengan pola bilangan pada soal-soal sebelumnya. Perhatikan ilustrasi dari pola bilangan tersebut!

Pola bilangan 5, 6, 4, 12, 16, 11, 66, ....

Jadi, pola berikutnya pada pola bilangan tersebut adalah 73 (C).

Pembahasan Verbal No. 11 - 15 TKPA SBMPTN 2015
Pembahasan Soal Numerikal No. 23 - 30 TKPA SBMPTN 2015

Dapatkan pembahasan soal dalam file pdf  di sini.

Demikian, berbagi pengetahuan bersama Kak Ajaz. Silakan bertanya di kolom komentar apabila ada pembahasan yang kurang jelas. Semoga berkah.

No comments:

Post a Comment

Maaf, komentar yang tidak berhubungan dengan konten, banyak mengandung singkatan kata, atau mengandung link aktif, tidak kami tayangkan.

Komentar Anda akan kami moderasi sebelum kami tayangkan. Centang 'Notify me' agar Anda mendapat pemberitahuan lewat email bahwa komentar Anda sudah ditayangkan