Friday, 4 March 2016

Pembahasan IPA SMP UN 2014 No. 11 - 15

Pembahasan soal Ilmu Pengetahuan Alam SMP Ujian Nasional tahun 2014 nomor 11 sampai dengan nomor 15 tentang:
  • cahaya dan optika, 
  • listrik statis, 
  • listrik dinamis, 
  • energi dan daya listrik, serta 
  • kemagnetan.

Soal No. 11 tentang Cahaya dan Optika

Seseorang dapat membaca dengan jelas pada jarak paling dekat 50 cm. Agar ia dapat membaca dengan jelas pada jarak 30 cm, kekuatan lensa kacamata yang diperlukan adalah ....

A.   1/3 dioptri
B.   2/3 dioptri
C.   3/4 dioptri
D.   4/3 dioptri




Pembahasan

Orang tersebut menderita cacat mata hipermetropi (rabun dekat). Jika ia ingin melihat benda pada jarak 30 cm (s = 30 cm) maka harus menggunakan kacamata berlensa positif sehingga bayangan benda terletak 50 cm di depan lensa dan bersifat maya (s' = −50 cm).

Jarak fokus lensa yang digunakan adalah:

Hubungan jarak fokus, jarak benda, dan jarak bayangan pada lensa dan cermin
   
   
   

Kekuatan lensa yang digunakan adalah:

Rumus kekuatan lensa, dioptri        (f dalam cm)
        
     = 4/3

Jadi, kekuatan lensa kacamata yang diperlukan adalah 4/3 dioptri (D).

Soal No. 12 tentang Listrik Statis

Kaca yang digosok dengan kain sutera akan terjadi proses pemuatan listrik pada kaca maupun kain sutera. Pada tabel berikut ini penjelasan yang benar adalah ....

Kehilangan ElektronMenerima ElektronMuatan Listrik
PositifNegatif
A.
B.
C.
D.
kaca
sutera
kaca
sutera
sutera
kaca
sutera
kaca
kaca
kaca
sutera
sutera
sutera
sutera
kaca
kaca



Pembahasan

Ketika kaca digosok dengan kain sutera maka terjadi perpindahan elektron dari kaca ke kain sutera. Akibatnya, kaca menjadi bermuatan positif (kehilangan elektron) sedangkan kain sutera bermuatan negatif (menerima elektron).

Jadi, penjelasan pada tabel yang benar adalah opsi (A).

Soal No. 13 tentang Listrik Dinamis

Perhatikan gambar titik percabangan arus listrik pada rangkaian berikut!

Titik percabangan arus listrik, hukum I Kirchhoff

Kuat arus I yang mengalir adalah ....

A.   3 A
B.   7 A
C.   13 A
D.   17 A




Pembahasan

Jika arus listrik melalui titik percabangan maka berlaku hukum Kirchhoff I yang berbunyi:
"Jumlah kuat arus yang memasuki titik percabangan sama dengan jumlah kuat arus yang keluar dari titik percabangan."
Pernyataan tersebut dapat dirumuskan sebagai:

  ΣImasuk = ΣIkeluar
5 + 3 + 2 = 7 + I
           10 = 7 + I
              I = 10 - 7
                = 3

Jadi, besar kuat arus I adalah 3 ampere (A).

Soal No. 14 tentang Energi dan Daya Listrik

Sebuah rumah menggunakan peralatan listrik seperti tercantum pada tabel berikut:

No.Alat ListrikJumlahWaktu Penggunaan
1.
2.
3.
lampu 10 W
TV 100 W
setrika 300 W
4
1
1
10 jam/hari
10 jam/hari
2 jam/hari

Berapa besar energi listrik yang digunakan selama 1 bulan (30 hari)?

A.   120 kWh.
B.   60 kWh.
C.   40 kWh.
D.   20 kWh.




Pembahasan

Dengan menggunakan rumus W = P.t, mati kita hitung energi yang digunakan oleh setiap peralatan listrik tersebut dalam sehari:

Alat ListrikPtW = Pt
4 lampu 10 W
1 TV 100 W
1 setrika 300 W
40 W
100 W
300 W
10 jam
10 jam
2 jam
400 Wh
1.000 Wh
600 Wh
Total energi dalam sehari2.000 Wh

Dengan demikian, energi yang digunakan dalam 30 hari adalah: 

W = 30 × 2.000 Wh
    = 60.000 Wh
    = 60 kWh

Jadi, besarnya energi listrik yang digunakan selama sebulan adalah 60 kWh (B).

Soal No. 15 tentang Kemagnetan

Perhatikan gambar pembuatan magnet berikut!
Pembuatan magnet dengan cara elektromagnet dan induksi

Kutub-kutub magnet yang terbentuk pada pembuatan magnet tersebut yang benar adalah ....

A.   A kutub selatan, C kutub utara, dan E kutub utara
B.   B kutub utara, D kutub utara, dan E kutub utara
C.   B kutub utara, D kutub utara, dan F kutub utara
D.   C kutub utara, B kutub selatan, dan D kutub selatan




Pembahasan

Pembuatan magnet di atas dimulai dari pembuatan magnet secara elektromagnet. Magnet yang terjadi kemudian menginduksi besi yang ada di sekitarnya.

Kutub-kutub elektromagnet ditentukan dengan kaidah tangan kanan. Jari-jari yang digenggam menunjukkan arah arus listrik sedangkan ibu jari menunjukkan arah utara magnet yang dihasilkan. Perhatikan ilustrasi berikut ini!

Menentukan kutub-kutub elektromagnet dan magnet induksi

Jadi, kutub-kutub magnet yang terbentuk pada pembuatan magnet tersebut yang benar adalah opsi (C).

Simak Pembahasan Soal IPA SMP UN 2014 selengkapnya.
No. 01 - 05No. 21 - 25
No. 06 - 10No. 26 - 30
No. 11 - 15No. 31 - 35
No. 16 - 20No. 36 - 40

Dapatkan pembahasan soal dalam file pdf  di sini.

Demikian, berbagi pengetahuan bersama Kak Ajaz. Silakan bertanya di kolom komentar apabila ada pembahasan yang kurang jelas. Semoga berkah.

No comments:

Post a Comment

Maaf, komentar yang tidak berhubungan dengan konten, banyak mengandung singkatan kata, atau mengandung link aktif, tidak kami tayangkan.

Komentar Anda akan kami moderasi sebelum kami tayangkan. Centang 'Notify me' agar Anda mendapat pemberitahuan lewat email bahwa komentar Anda sudah ditayangkan