- pertidaksamaan,
- fungsi dan komposisi fungsi,
- sistem persamaan linear,
- operasi aljabar, serta
- invers fungsi.
Soal No. 51 tentang Pertidaksamaan
Himpunan penyelesaian pertidaksamaan
adalah ….
A. {x ∈ R│x < 0}
B. {x ∈ R│−1 < x < 0}
C. {x ∈ R│0 < x < 1}
D. {x ∈ R│x < −2 atau x > 1}
E. {x ∈ R│x < −1 atau x > 0}
adalah ….
A. {x ∈ R│x < 0}
B. {x ∈ R│−1 < x < 0}
C. {x ∈ R│0 < x < 1}
D. {x ∈ R│x < −2 atau x > 1}
E. {x ∈ R│x < −1 atau x > 0}
Pembahasan
Dalam menyelesaikan soal pertidaksamaan, jangan sekali-kali mengalikan silang, membagi, mengalikan dengan variabel, kecuali jika variabel tersebut definit positif. Penyelesaian yang paling aman adalah dengan memindah ruas.Dalam pertidaksamaan pecahan, berlaku hubungan:
Jika a/b < 0 maka a.b < 0
Sehingga pertidaksamaan di atas menjadi:
x(2x + 2) < 0
Pembuat nol pertidaksamaan tersebut adalah:
x = 0
2x + 2 = 0 → x = −1
−1 < x < 0
Jadi, himpunan penyelesaian pertidaksamaan tersebut adalah opsi (B).
Soal No. 52 tentang Fungsi dan Komposisi Fungsi
Diketahui suatu fungsi f bersifat f(−x) = −f(x) untuk setiap bilangan real x. Jika f(3) = −5 dan f(−5) = 1 maka f(f(−3)) = ….
A. −5
B. −2
C. −1
D. 1
E. 2
A. −5
B. −2
C. −1
D. 1
E. 2
Pembahasan
Data-data yang diketahui pada soal:f(−x) = −f(x)
f(3) = −5
f(−5) = 1
Sekarang kita langsung masuk ke pertanyaan.
f(f(−3)) = f(−f(3)) [f(−x) = −f(x)]
= −f(f(3)) [f(3) = −5]
= −f(−5) [f(−5) = 1]
= −1
Jadi, nilai dari f(f(−3)) adalah −1 (C).
Soal No. 53 tentang Sistem Persamaan Linear
Diketahui sistem persamaan linear
Nilai x + y adalah ....
A. −3
B. −2
C. −1
D. 3
E. 5
Nilai x + y adalah ....
A. −3
B. −2
C. −1
D. 3
E. 5
Pembahasan
Sistem persamaan linear di atas kita sederhanakan dengan mengalikan 6 pada masing-masing ruas.3(x + 2) − 2(x − y) = 6
3x + 6 − 2x + 2y = 6
x + 2y = 0 ... (1)
2(x + y) − 3(y + 1) = 12
2x + 2y − 3y − 3 = 12
2x − y = 15 ... (2)
Sekarang kita eliminasi persamaan (1) dan (2).
x + 2y = 0 |×2| 2x + 4y = 0
2x − y = 15 |×2| 2x − y = 15
—————— −
5y = −15
y = −3
Selanjutnya kita substitusi y = −3 ke persamaan (1).
y = −3 → x + 2y = 0
x − 6 = 0
x = 6
Dengan demikian,
x + y = 6 − 3
= 3
Jadi, nilai dari x + y adalah 3 (C).
Soal No. 54 tentang Operasi Aljabar
Empat orang siswa akan mengikuti suatu perlombaan karya inovatif. Untuk itu, diperlukan biaya Rp900.000,00. Karena masing-masing memiliki kondisi keuangan berbeda, besar kontribusi masing-masing siswa tidak sama. Siswa A memberikan kontribusi setengah dari jumlah kontribusi tiga siswa lainnya. Siswa B memberikan kontribusi sepertiga dari jumlah kontribusi tiga siswa lainnya. Siswa C memberikan kontribusi seperempat dari jumlah kontribusi tiga siswa lainnya. Besar kontribusi siswa D adalah Rp ….
A. 150.000,00
B. 180.000,00
C. 195.000,00
D. 225.000,00
E. 300.000,00
A. 150.000,00
B. 180.000,00
C. 195.000,00
D. 225.000,00
E. 300.000,00
Pembahasan
Empat orang siswa (A, B, C, dan D) akan mengikuti lomba karya inovatif dengan biaya Rp900.000,00. Biaya tersebut ditanggung bersama.A + B + C + D = 900.000
Siswa A memberikan kontribusi setengah dari jumlah kontribusi tiga siswa lainnya.
A = ½(B + C + D)
A = ½(900.000 − A) [kedua ruas dikalikan 2]
2A = 900.000 − A
3A = 900.000
A = 300.000
Siswa B memberikan kontribusi sepertiga dari jumlah kontribusi tiga siswa lainnya.
B = ⅓(A + C + D)
B = ⅓(900.000 − B) [kedua ruas dikalikan 3]
3B = 900.000 − B
4A = 900.000
A = 225.000
Siswa C memberikan kontribusi seperempat dari jumlah kontribusi tiga siswa lainnya.
C = ¼(A + B + D)
C = ¼(900.000 − C) [kedua ruas dikalikan 4]
4C = 900.000 − C
5C = 900.000
C = 180.000
Dengan demikian, besar kontribusi siswa D adalah:
D = 900.000 − (A + B + C)
= 900.000 − (300.000 + 225.000 + 180.000)
= 900.000 − 705.000
= 195.000
Jadi, besar kontribusi siswa D adalah Rp195.000,00 (C).
Soal No. 55 tentang Invers Fungsi
Jika
maka f−1(x) = ....
maka f−1(x) = ....
Pembahasan
Langkah pertama adalah mengubah bentuk f(x + 2) menjadi bentuk f(x).Selanjutnya kita tentukan invers fungsi f(x) dengan menggunakan rumus:
Dengan menggunakan rumus invers di atas, diperoleh:
Jadi, invers fungsi f adalah opsi (B).
Pembahasan Matematika Dasar No. 46 - 50 TKPA SBMPTN 2015
Pembahasan Matematika Dasar No. 56 - 60 TKPA SBMPTN 2015
Dapatkan pembahasan soal dalam file pdf di sini.
Demikian, berbagi pengetahuan bersama Kak Ajaz. Silakan bertanya di kolom komentar apabila ada pembahasan yang kurang jelas. Semoga berkah.
No comments:
Post a Comment
Maaf, komentar yang tidak berhubungan dengan konten, banyak mengandung singkatan kata, atau mengandung link aktif, tidak kami tayangkan.
Komentar Anda akan kami moderasi sebelum kami tayangkan. Centang 'Notify me' agar Anda mendapat pemberitahuan lewat email bahwa komentar Anda sudah ditayangkan