Tuesday, 14 March 2017

Pembahasan IPA SMP UN 2016 No. 36 - 40

Pembahasan soal Ilmu Pengetahuan Alam SMP Ujian Nasional (UN) tahun 2016 nomor 36 sampai dengan nomor 40 tentang:
  • jaringan tumbuhan, 
  • fotosintesis, 
  • reproduksi tumbuhan, 
  • pewarisan sifat, dan 
  • bioteknologi.

Soal No. 36 tentang Jaringan Tumbuhan

Perhatikan gambar penampang melintang batang dikotil berikut!

Gambar penampang batang tumbuhan dikotil, floem, xilem, korteks, dan kambium

Bagian Z dan fungsinya adalah ….

A.   xilem yang berfungsi untuk mengangkut air dan zat hara (mineral) dari akar ke daun
B.   floem yang berfungsi mengangkut hasil fotosintesis dari daun ke seluruh bagian tumbuhan
C.   kambium yang berfungsi membantu pertumbuhan sekunder (membesar) batang
D.   korteks untuk menyimpan cadangan makanan pada batang




Pembahasan

Sebagaimana nomor 35, hubungan antara jaringan dan fungsinya pada semua opsi jawaban adalah benar. Kita tinggal menentukan jaringan Z itu apa.

Bagian Z pada gambar di atas adalah kambium yang berfungsi membantu pertumbuhan sekunder batang.

Jadi, bagian Z dan fungsinya adalah opsi (C).

Soal No. 37 tentang Fotosintesis

Perhatikan gambar percobaan berikut!

Gambar percobaan fotosintesis

Berdasarkan rancangan percobaan di atas diperoleh data hasil pengamatan pada tabel berikut.

NoPerlakuanJumlah Gelembung
1.cahaya matahari langsung++
2.cahaya matahari langsung + 5 gr NaHCO3+++
3.tempat teduh+

Berdasarkan hasil percobaan tersebut, faktor apakah yang memengaruhi proses fotosintesis?

A.   Hydrilla dan NaHCO3.
B.   Hydrilla dan air.
C.   Cahaya dan jenis tumbuhan.
D.   Cahaya dan CO2.



Pembahasan

Perhatikan reaksi fotosintesis di bawah ini!

Reaksi fotosintesis

Adanya gelembung menunjukkan dihasilkannya gas oksigen (O2). Artinya, proses fotosintesis sedang berlangsung.

Gelembung yang dihasilkan pada perlakuan cahaya matahari langsung lebih banyak daripada di tempat teduh. Hal ini menunjukkan bahwa cahaya sangat berpengaruh pada proses fotosintesis.

Penambahan NaHCO3 (baking soda) juga memperbanyak terjadinya gelembung. Hal ini karena baking soda berfungsi menambah kandungan gas karbondioksida (CO2) di dalam air. Dengan kata lain, CO2 berpengaruh dalam proses fotosintesis.

Jadi, faktor yang memengaruhi proses fotosintesis adalah cahaya dan CO2 (D).

Soal No. 38 tentang Reproduksi Tumbuhan

Tumbuhan tingkat rendah seperti gambar di bawah ini dapat berkembang biak dengan cara sederhana agar dapat mempertahankan jenisnya.

Tumbuhan tingkat rendah

Kemampuan reproduksi yang dilakukan oleh ketiga jenis organisme tersebut adalah dengan cara ….

A.   bertunas
B.   biji
C.   spora
D.   stolon




Pembahasan

Tumbuhan tingkat rendah pada gambar di atas adalah tumbuhan paku, jamur, dan ganggang. Ketiganya berkembang biak dengan spora.

Jadi, reproduksi ketiga organisme pada gambar tersebut adalah dengan cara spora (C).

Soal No. 39 tentang Pewarisan Sifat

Diketahui tanaman apel, warna merah dominan terhadap warna hijau dan ukuran besar dominan terhadap ukuran kecil. Apel merah besar (MmBb) disilangkan dengan apel merah besar (MmBb) menghasilkan beberapa macam tanaman. Dari keturunan tersebut, yang memiliki genotip yang dapat digunakan sebagai bibit unggul (apel merah besar) adalah ….

A.   MMBB
B.   MMBb
C.   MmBb
D.   mmbb




Pembahasan

Opsi A, B, dan C mempunyai fenotip yang sama, yaitu apel merah besar. Bedanya, MMBB adalah genotip homozigot atau galur murni. Keturunan galur murni akan menghasilkan sifat yang sama dengan induknya.

Sedangkan MMBb dan MmBb adalah genotip heterozigot. Genotip heterozigot akan menghasilkan keturunan yang bervariasi.

Jadi, genotip yang dapat digunakan sebagai bibit unggul adalah MMBB (A).

Soal No. 40 tentang Bioteknologi

Teknik perkembangbiakan pada tumbuhan dikembangkan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas tanaman. Seorang petani ingin memperbanyak tanaman mangga karena di kebunnya tanaman mangganya sudah tua. Dia memerlukan banyak bibit dalam waktu cepat. Teknik apakah yang paling tepat dipilih oleh dia?

A.   Mencangkok dari tanaman yang sudah ada supaya hasilnya banyak.
B.   Menstek supaya tanaman yang dihasilkan cepat berbuah.
C.   Kultur jaringan karena sifat tanaman mangga yang dihasilkan sama dengan induknya.
D.   Teknik hibridisasi supaya dihasilkan tanaman yang sesuai dengan yang diharapkan.




Pembahasan

Mari kita ulas setiap opsi jawaban di atas!
  • Mencangkok memang menghasilkan keturunan yang sama dengan induknya dan hasilnya cepat berbuah. Namun tidak mungkin mencangkok secara besar-besaran karena akan melukai induknya.
  • Menstek sulit dilakukan pada tanaman mangga, kecuali yang dimaksud menstek adalah okulasi (menyambung). Namun okulasi pun tidak mungkin dilakukan secara besar-besaran dalam waktu yang singkat.
  • Kultur jaringan adalah metode menumbuhkan sel bagian tanaman (misal ujung daun) menjadi tanaman lengkap. Jadi hanya dengan sehelai daun bisa tumbuh berjuta-juta tanaman. Metode ini sangat cocok untuk mendapatkan bibit yang banyak dalam waktu singkat.
  • Teknik hibridisasi akan menghasilkan keturunan yang bervariasi. Butuh waktu yang lama untuk memilih bibit yang baik.
Jadi, teknik yang paling tepat dipilih oleh petani adalah kultur jaringan (C).

Simak Pembahasan Soal IPA SMP UN 2016 selengkapnya.
No. 01 - 05No. 21 - 25
No. 06 - 10No. 26 - 30
No. 11 - 15No. 31 - 35
No. 16 - 20No. 36 - 40

Simak juga:
Pembahasan IPA SMP UN 2014
Pembahasan IPA SMP UN 2015
Pembahasan IPA SMP UN 2017
Pembahasan IPA SMP UN 2018
Pembahasan IPA SMP UN 2019
Pembahasan IPA SMP UN 2019 (2)

Dapatkan pembahasan soal dalam file pdf  di sini.

Demikian, berbagi pengetahuan bersama Kak Ajaz. Silakan bertanya di kolom komentar apabila ada pembahasan yang kurang jelas. Semoga berkah.

6 comments:

Maaf, komentar yang tidak berhubungan dengan konten, banyak mengandung singkatan kata, atau mengandung link aktif, tidak kami tayangkan.

Komentar Anda akan kami moderasi sebelum kami tayangkan. Centang 'Notify me' agar Anda mendapat pemberitahuan lewat email bahwa komentar Anda sudah ditayangkan