- jaringan tumbuhan,
- fotosintesis,
- reproduksi tumbuhan,
- pewarisan sifat, dan
- bioteknologi.
Soal No. 36 tentang Jaringan Tumbuhan
Perhatikan gambar penampang melintang batang dikotil berikut!
Bagian Z dan fungsinya adalah ….
A. xilem yang berfungsi untuk mengangkut air dan zat hara (mineral) dari akar ke daun
B. floem yang berfungsi mengangkut hasil fotosintesis dari daun ke seluruh bagian tumbuhan
C. kambium yang berfungsi membantu pertumbuhan sekunder (membesar) batang
D. korteks untuk menyimpan cadangan makanan pada batang
Bagian Z dan fungsinya adalah ….
A. xilem yang berfungsi untuk mengangkut air dan zat hara (mineral) dari akar ke daun
B. floem yang berfungsi mengangkut hasil fotosintesis dari daun ke seluruh bagian tumbuhan
C. kambium yang berfungsi membantu pertumbuhan sekunder (membesar) batang
D. korteks untuk menyimpan cadangan makanan pada batang
Pembahasan
Sebagaimana nomor 35, hubungan antara jaringan dan fungsinya pada semua opsi jawaban adalah benar. Kita tinggal menentukan jaringan Z itu apa.Bagian Z pada gambar di atas adalah kambium yang berfungsi membantu pertumbuhan sekunder batang.
Jadi, bagian Z dan fungsinya adalah opsi (C).
Soal No. 37 tentang Fotosintesis
Perhatikan gambar percobaan berikut!
Berdasarkan rancangan percobaan di atas diperoleh data hasil pengamatan pada tabel berikut.
Berdasarkan hasil percobaan tersebut, faktor apakah yang memengaruhi proses fotosintesis?
A. Hydrilla dan NaHCO3.
B. Hydrilla dan air.
C. Cahaya dan jenis tumbuhan.
D. Cahaya dan CO2.
Berdasarkan rancangan percobaan di atas diperoleh data hasil pengamatan pada tabel berikut.
No | Perlakuan | Jumlah Gelembung |
1. | cahaya matahari langsung | ++ |
2. | cahaya matahari langsung + 5 gr NaHCO3 | +++ |
3. | tempat teduh | + |
Berdasarkan hasil percobaan tersebut, faktor apakah yang memengaruhi proses fotosintesis?
A. Hydrilla dan NaHCO3.
B. Hydrilla dan air.
C. Cahaya dan jenis tumbuhan.
D. Cahaya dan CO2.
Pembahasan
Perhatikan reaksi fotosintesis di bawah ini!Adanya gelembung menunjukkan dihasilkannya gas oksigen (O2). Artinya, proses fotosintesis sedang berlangsung.
Gelembung yang dihasilkan pada perlakuan cahaya matahari langsung lebih banyak daripada di tempat teduh. Hal ini menunjukkan bahwa cahaya sangat berpengaruh pada proses fotosintesis.
Penambahan NaHCO3 (baking soda) juga memperbanyak terjadinya gelembung. Hal ini karena baking soda berfungsi menambah kandungan gas karbondioksida (CO2) di dalam air. Dengan kata lain, CO2 berpengaruh dalam proses fotosintesis.
Jadi, faktor yang memengaruhi proses fotosintesis adalah cahaya dan CO2 (D).
Soal No. 38 tentang Reproduksi Tumbuhan
Tumbuhan tingkat rendah seperti gambar di bawah ini dapat berkembang biak dengan cara sederhana agar dapat mempertahankan jenisnya.
Kemampuan reproduksi yang dilakukan oleh ketiga jenis organisme tersebut adalah dengan cara ….
A. bertunas
B. biji
C. spora
D. stolon
Kemampuan reproduksi yang dilakukan oleh ketiga jenis organisme tersebut adalah dengan cara ….
A. bertunas
B. biji
C. spora
D. stolon
Pembahasan
Tumbuhan tingkat rendah pada gambar di atas adalah tumbuhan paku, jamur, dan ganggang. Ketiganya berkembang biak dengan spora.Jadi, reproduksi ketiga organisme pada gambar tersebut adalah dengan cara spora (C).
Soal No. 39 tentang Pewarisan Sifat
Diketahui tanaman apel, warna merah dominan terhadap warna hijau dan ukuran besar dominan terhadap ukuran kecil. Apel merah besar (MmBb) disilangkan dengan apel merah besar (MmBb) menghasilkan beberapa macam tanaman. Dari keturunan tersebut, yang memiliki genotip yang dapat digunakan sebagai bibit unggul (apel merah besar) adalah ….
A. MMBB
B. MMBb
C. MmBb
D. mmbb
A. MMBB
B. MMBb
C. MmBb
D. mmbb
Pembahasan
Opsi A, B, dan C mempunyai fenotip yang sama, yaitu apel merah besar. Bedanya, MMBB adalah genotip homozigot atau galur murni. Keturunan galur murni akan menghasilkan sifat yang sama dengan induknya.Sedangkan MMBb dan MmBb adalah genotip heterozigot. Genotip heterozigot akan menghasilkan keturunan yang bervariasi.
Jadi, genotip yang dapat digunakan sebagai bibit unggul adalah MMBB (A).
Soal No. 40 tentang Bioteknologi
Teknik perkembangbiakan pada tumbuhan dikembangkan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas tanaman. Seorang petani ingin memperbanyak tanaman mangga karena di kebunnya tanaman mangganya sudah tua. Dia memerlukan banyak bibit dalam waktu cepat. Teknik apakah yang paling tepat dipilih oleh dia?
A. Mencangkok dari tanaman yang sudah ada supaya hasilnya banyak.
B. Menstek supaya tanaman yang dihasilkan cepat berbuah.
C. Kultur jaringan karena sifat tanaman mangga yang dihasilkan sama dengan induknya.
D. Teknik hibridisasi supaya dihasilkan tanaman yang sesuai dengan yang diharapkan.
A. Mencangkok dari tanaman yang sudah ada supaya hasilnya banyak.
B. Menstek supaya tanaman yang dihasilkan cepat berbuah.
C. Kultur jaringan karena sifat tanaman mangga yang dihasilkan sama dengan induknya.
D. Teknik hibridisasi supaya dihasilkan tanaman yang sesuai dengan yang diharapkan.
Pembahasan
Mari kita ulas setiap opsi jawaban di atas!- Mencangkok memang menghasilkan keturunan yang sama dengan induknya dan hasilnya cepat berbuah. Namun tidak mungkin mencangkok secara besar-besaran karena akan melukai induknya.
- Menstek sulit dilakukan pada tanaman mangga, kecuali yang dimaksud menstek adalah okulasi (menyambung). Namun okulasi pun tidak mungkin dilakukan secara besar-besaran dalam waktu yang singkat.
- Kultur jaringan adalah metode menumbuhkan sel bagian tanaman (misal ujung daun) menjadi tanaman lengkap. Jadi hanya dengan sehelai daun bisa tumbuh berjuta-juta tanaman. Metode ini sangat cocok untuk mendapatkan bibit yang banyak dalam waktu singkat.
- Teknik hibridisasi akan menghasilkan keturunan yang bervariasi. Butuh waktu yang lama untuk memilih bibit yang baik.
Simak Pembahasan Soal IPA SMP UN 2016 selengkapnya.
No. 01 - 05 | No. 21 - 25 |
No. 06 - 10 | No. 26 - 30 |
No. 11 - 15 | No. 31 - 35 |
No. 16 - 20 | No. 36 - 40 |
Simak juga:
Pembahasan IPA SMP UN 2014
Pembahasan IPA SMP UN 2015
Pembahasan IPA SMP UN 2017
Pembahasan IPA SMP UN 2018
Pembahasan IPA SMP UN 2019
Pembahasan IPA SMP UN 2019 (2)
Dapatkan pembahasan soal dalam file pdf di sini.
Demikian, berbagi pengetahuan bersama Kak Ajaz. Silakan bertanya di kolom komentar apabila ada pembahasan yang kurang jelas. Semoga berkah.
Makasih, sangat membantu
ReplyDeleteSama-sama
Deleteterima kasih ini sangat membantu saya dalam belajar biologi :)
ReplyDeleteTerima kasih kembali. Semoga lebih semangat belajar biologi
DeleteSangat membantu.terima kasih
ReplyDeleteSama-sama. Semoga bermanfaat
Delete