Pembahasan soal Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) SMP Ujian Nasional (UN) tahun 2019 nomor 21 sampai dengan nomor 25 tentang:
- rangkaian listrik,
- energi dan daya listrik,
- transformator,
- ciri-ciri makhluk hidup, dan
- bioteknologi.
Soal No. 21 tentang Rangkaian Listrik
Perhatikan gambar rangkaian berikut!
Besar kuat arus (I) pada rangkaian adalah ….
Besar kuat arus (I) pada rangkaian adalah ….
A. | 0,5 A |
B. | 1 A |
C. | 1,5 A |
D. | 2 A |
Pembahasan
Hambatan paralel rangkaian tersebut adalah:Hambatan total rangkaian tersebut adalah:
Rt | = | 3 + Rp |
= | 3 + 6 | |
= | 9 |
Kuat arus rangkaian di atas merupakan perbandingan antara tegangan sumber terhadap hambatan total.
Jadi, besar kuat arus (I) pada rangkaian adalah 1 A (B).
Soal No. 22 tentang Energi dan Daya Listrik
Sebuah setrika memiliki spesifikasi seperti ditunjukkan gambar berikut!
Berapakah daya listrik yang diserap setrika tersebut jika dihubungkan pada tegangan 110 V?
Berapakah daya listrik yang diserap setrika tersebut jika dihubungkan pada tegangan 110 V?
A. | 350,0 watt. |
B. | 262,5 watt. |
C. | 175,0 watt. |
D. | 87,5 watt. |
Pembahasan
Setrika di atas dipasang pada tegangan yang tidak sesuai. Daya yang keluar pasti tidak sesuai dengan spesifikasinya.Hubungan antara daya listrik dengan tegangan listrik dirumuskan:
dengan R adalah hambatan setrika, nilainya tetap sehingga:
Jadi, daya listrik yang diserap setrika tersebut adalah 87,5 watt (C).
Soal No. 23 tentang Transformator
Perhatikan gambar transformator berikut!
Kuat arus yang mengalir pada kumparan yang terhubung ke lampu adalah ….
Kuat arus yang mengalir pada kumparan yang terhubung ke lampu adalah ….
A. | 0,5 A |
B. | 1,5 A |
C. | 2,0 A |
D. | 4,0 A |
Pembahasan
Kumparan yang terhubung ke sumber tegangan adalah primer sedangkan yang terhubung ke lampu adalah sekunder. Kita tentukan tegangan sekunder dulu.Kuat arus sekunder bisa kita cari dengan hukum Ohm.
Jadi, kuat arus yang mengalir pada kumparan yang terhubung ke lampu adalah 2,0 A (C).
Soal No. 24 tentang Ciri-ciri Makhluk Hidup
Perhatikan gambar berikut!
Ciri makhluk hidup tumbuh, peka terhadap rangsang, dan beradaptasi secara berurutan ditunjukkan oleh gambar ….
Ciri makhluk hidup tumbuh, peka terhadap rangsang, dan beradaptasi secara berurutan ditunjukkan oleh gambar ….
A. | (1), (2), dan (3) |
B. | (1), (3), dan (4) |
C. | (1), (4), dan (5) |
D. | (2), (3), dan (4) |
Pembahasan
Keterangan gambar di atas adalah sebagai berikut:Gambar (1) | : | dari kecambah ke ukuran yang lebih besar [tumbuh] |
Gambar (2) | : | gambar kurang jelas |
Gambar (3) | : | tumbuhan putri malu ketika disentuh dengan pensil, daunnya menguncup [peka terhadap rangsang] |
Gambar (4) | : | tumbuhan kaktus dengan daun berbentuk duri untuk mengurangi penguapan [adaptasi] |
Gambar (5) | : | tunas-tunas bawang merah tumbuh dari umbi lapis [berkembang biak] |
Jadi, ciri makhluk hidup tumbuh, peka terhadap rangsang, dan beradaptasi secara berurutan ditunjukkan oleh gambar 1, 3, dan 4 (B).
Soal No. 25 tentang Bioteknologi
Dampak negatif dari pemanfaatan bioteknologi terhadap kondisi lingkungan adalah ….
A. | berkembangnya tanaman transgenik mengganggu kesuburan tanah |
B. | meningkatnya bakteri yang dimanfaatkan dalam proses bioteknologi |
C. | munculnya serangga mutan yang tahan terhadap insektisida |
D. | meningkatnya keanekaragaman hayati dalam lingkungan |
Pembahasan
Keterangan untuk keempat opsi jawaban di atas adalah sebagai berikut:- tanaman transgenik tidak mengganggu kesuburan tanah tapi mencemari tanah
- meningkatnya bakteri yang dimanfaatkan dalam proses bioteknologi, misal bakteri pembuat tempe Rhizopus oryzae, tidak mengganggu keseimbangan ekosistem karena bakteri tersebut langsung dimanfaatkan
- munculnya serangga mutan yang tahan terhadap insektisida akibat pergeseran gen
- dengan adanya tanaman transgenik, justru keanekaragaman hati akan berkurang karena petani lebih fokus membudidayakan tanaman tersebut dan meninggalkan budidaya tanaman lama
Simak Pembahasan Soal IPA SMP UN 2019 selengkapnya.
No. 01 - 05 | No. 21 - 25 |
No. 06 - 10 | No. 26 - 30 |
No. 11 - 15 | No. 31 - 35 |
No. 16 - 20 | No. 36 - 40 |
Dapatkan pembahasan soal dalam file pdf di sini.
Demikian, berbagi pengetahuan bersama Kak Ajaz. Silakan bertanya di kolom komentar apabila ada pembahasan yang kurang jelas. Semoga berkah.
No comments:
Post a Comment
Maaf, komentar yang tidak berhubungan dengan konten, banyak mengandung singkatan kata, atau mengandung link aktif, tidak kami tayangkan.
Komentar Anda akan kami moderasi sebelum kami tayangkan. Centang 'Notify me' agar Anda mendapat pemberitahuan lewat email bahwa komentar Anda sudah ditayangkan