Pembahasan soal Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) SMP Ujian Nasional (UN) tahun 2019 nomor 26 sampai dengan nomor 30 tentang:
- interaksi makhluk hidup,
- biologi lingkungan,
- seleksi alam,
- jaring-jaring makanan, dan
- sistem peredaran darah.
Soal No. 26 tentang Interaksi Makhluk Hidup
Perhatikan gambar ekosistem padang rumput berikut!
Hubungan interaksi yang dapat terjadi antara singa dan kerbau pada ekosistem tersebut adalah ….
Hubungan interaksi yang dapat terjadi antara singa dan kerbau pada ekosistem tersebut adalah ….
A. | simbiosis komensalisme |
B. | simbiosis mutualisme |
C. | predasi |
D. | kompetisi |
Pembahasan
Penjelasan jenis interaksi makhluk hidup di atas adalah sebagai berikut:- Simbiosis komensalisme, interaksi dua makhluk hidup di mana yang satu mendapat keuntungan sedangkan yang lain tidak mendapat keuntungan maupun kerugian. Contoh ikan remora dan ikan hiu, anggrek dengan pohon inangnya.
- Simbiosis mutualisme, interaksi dua makhluk hidup yang saling menguntungkan, contoh: kerbau dan burung jalak, lebah dan bunga.
- Predasi, interaksi makhluk hidup di mana organisme yang satu memangsa organisme yang lain, contoh singa dan kerbau.
- Kompetisi, interaksi makhluk hidup yang saling bersaing dalam memenuhi kebutuhan hidup, contoh kerbau dan kambing yang saling berebut rumput.
Soal No. 27 tentang Biologi Lingkungan
Petani menambah luas pertaniannya dengan cara membuka lahan hutan di lereng gunung. Akibatnya, ketika hujan mudah terjadi erosi. Untuk mengatasinya, pemerintah melarang pembukaan lahan baru dan lahan yang sudah dibuka harus ditanami pohon menahun. Kelebihan dari usaha tersebut terhadap lingkungan adalah ….
A. | pendapatan petani meningkat |
B. | menambah keindahan lingkungan |
C. | mengurangi jumlah pekerja pertanian |
D. | temperatur udara menjadi lebih sejuk |
Pembahasan
Manfaat pelarangan membuka lahan baru dan menanami kembali lahan yang sudah dibuka adalah:- mencegah banjir, erosi, dan tanah longsor
- tanaman menyerap karbondioksida (mengurangi pemanasan global) dan melepas oksigen (udara menjadi segar) [opsi D]
- lingkungan tampak hijau dan indah [opsi B]
Manfaat utamanya adalah mencegah banjir, erosi, tanah longsor, serta mengurangi pemanasan global. Nilai tambahnya adalah lingkungan menjadi hijau dan indah.
Jadi, kelebihan dari usaha tersebut terhadap lingkungan adalah menambah keindahan lingkungan (B).
Soal No. 28 tentang Seleksi Alam
Sekelompok siswa melakukan percobaan tentang seleksi alam dengan menggunakan potongan kertas berwarna merah dan hijau. Potongan kertas tersebut disebar ke rumput halaman sekolah. Kemudian siswa tersebut mengumpulkan kembali potongan kertas tersebut dalam waktu yang telah ditentukan. Hasil percobaan menunjukkan bahwa rata-rata siswa mengumpulkan potongan kertas warna merah lebih banyak dibandingkan potongan kertas warna hijau. Jika kertas berwarna hijau dan merah sebagai hewan-hewan yang di padang rumput serta siswa sebagai hewan pemangsanya, hewan yang berwarna hijau berjumlah lebih banyak dari yang berwarna merah.
Jika kasus tersebut memodelkan proses seleksi alam, kesimpulan manakah yang tepat?
Jika kasus tersebut memodelkan proses seleksi alam, kesimpulan manakah yang tepat?
A. | Hewan-hewan pemangsa tidak sigap dalam mencari mangsanya. |
B. | Hewan berwarna sama dengan lingkungan tidak terlihat oleh predator. |
C. | Hewan berwarna hijau tidak memiliki hewan predator. |
D. | Hewan berwarna merah tidak memiliki kemampuan bersembunyi. |
Pembahasan
Hewan-hewan yang mampu beradaptasi terhadap lingkungan akan lolos seleksi alam. Sedangkan hewan-hewan yang tidak mampu beradaptasi dengan lingkungan, populasinya akan berkurang dan akhirnya punah.Dalam hal ini, hewan yang berwarna sama dengan habitatnya sulit terlihat oleh predator. Sebaliknya hewan yang berwarna kontras dengan habitatnya cenderung mudah dimangsa oleh predator (terseleksi alam).
Jadi, kesimpulan dari percobaan tersebut adalah hewan berwarna sama dengan lingkungan tidak terlihat oleh predator (B).
Soal No. 29 tentang Jaring-jaring Makanan
Perhatikan dua skema jaring-jaring makanan berikut!
Apabila populasi ular di masing-masing ekosistem tersebut habis karena diburu, ekosistem yang lebih stabil beserta alasannya adalah ….
Apabila populasi ular di masing-masing ekosistem tersebut habis karena diburu, ekosistem yang lebih stabil beserta alasannya adalah ….
A. | ekosistem sawah karena masih ada populasi katak yang akan menggantikan peran ular dalam ekosistem |
B. | ekosistem kebun karena ular bukan sebagai karnivor puncak sehingga ular tidak memiliki predator lain |
C. | ekosistem sawah karena ular sebagai karnivor puncak sehingga ular tidak memiliki predator lain |
D. | ekosistem kebun karena masih ada populasi musang yang akan menggantikan peran ular dalam ekosistem |
Pembahasan
Pada ekosistem kebun, kedudukan ular adalah sebagai karnivor puncak bersama dengan musang. Apa yang dimangsa ular juga dimangsa oleh musang. Jika populasi ular habis karena diburu, ekosistem masih stabil karena posisi ular bisa digantikan oleh musang.Sedangkan pada ekosistem sawah, kedudukan ular sebagai satu-satunya karnivor puncak. Jika populasi ular habis karena diburu maka ekosistem menjadi labil. Populasi burung, katak, dan tikus menjadi tak terkendali.
Jadi, ekosistem yang lebih stabil beserta alasannya adalah opsi (D).
Soal No. 30 tentang Sistem Peredaran Darah
Pembuluh kapiler menghubungkan pembuluh vena dan pembuluh arteri yang sangat berperan menyalurkan darah ke jaringan tubuh. Bagaimana ciri pembuluh kapiler?
A. | Selapis sel, denyut tidak dapat dirasakan, saluran sempit, dan tidak memiliki katub. |
B. | Dinding tebal, denyut dapat dirasakan, saluran besar, dan tidak memiliki katub. |
C. | Selapis sel, denyut dapat dirasakan, selaput sempit, dan memiliki katub |
D. | Dinding tebal, denyut tidak dapat dirasakan, saluran besar, dan memiliki katub. |
Pembahasan
Ciri-ciri pembuluh kapiler adalah sebagai berikut:- berukuran sangat kecil dengan diameter 5 – 10 mikrometer
- tersusun atas selapis sel dan sangat sempit
- tidak mempunyai katub
- denyut tidak dapat dirasakan
- tersebar di seluruh permukaan tubuh
Simak Pembahasan Soal IPA SMP UN 2019 selengkapnya.
No. 01 - 05 | No. 21 - 25 |
No. 06 - 10 | No. 26 - 30 |
No. 11 - 15 | No. 31 - 35 |
No. 16 - 20 | No. 36 - 40 |
Dapatkan pembahasan soal dalam file pdf di sini.
Demikian, berbagi pengetahuan bersama Kak Ajaz. Silakan bertanya di kolom komentar apabila ada pembahasan yang kurang jelas. Semoga berkah.
Thanks
ReplyDeleteSama-sama. Semoga berkah
DeleteTerima kasih mas
ReplyDeleteTerima kasih kembali,Pak Datuk. Semoga bermanfaat
Delete