Pembahasan soal Matematika SMP Ujian Nasional (UN) tahun 2017 nomor 1 sampai dengan nomor 5 tentang:
- bilangan berpangkat,
- bentuk akar,
- barisan bilangan,
- pola bilangan, dan
- menyederhanakan bentuk akar.
Soal No. 1 tentang Bilangan Berpangkat
Hasil dari (91/3)−6 adalah ….
A. 81
B. 27
C. 1/27
D. 1/81
A. 81
B. 27
C. 1/27
D. 1/81
Pembahasan
Langkah pertama adalah mengubah bilangan pokok 9 menjadi bilangan berpangkat.9 = 32
Sehingga soal di atas menjadi:
(91/3)−6 = [(32)1/3]−6
Nah, sekarang pangkatnya tinggal kita kalikan.
= 32 × 1/3 × (−6)
= 3−4
Pangkat negatif ini kurang menarik dipandang. Biasanya diubah menjadi pangkat positif dengan cara dibalik. Diperoleh:
Jadi, hasil dari bilangan berpangkat di atas adalah 1/81 (D).
Perdalam materi ini di Operasi Bilangan Berpangkat [Soal UN dan Pembahasan].
Soal No. 2 tentang Bentuk Akar
Hasil dari 5√5 × √48 ∶ √12 adalah ….
A. 10√5
B. 10√2
C. 5√5
D. 5√2
A. 10√5
B. 10√2
C. 5√5
D. 5√2
Pembahasan
Perhatikan, 48 habis dibagi 12 sehingga kita bisa menggunakan rumus √a ∶√b = √(a ∶ b).5√5 × √48 ∶ √12
= 5√5 × √(48∶12)
= 5√5 × √4
= 5√5 × 2
= 10√5
Jadi, hasil dari bentuk akar tersebut adalah 10√5 (A).
Perdalam materi ini di Operasi Bilangan Bentuk Akar [Soal UN dan Pembahasan].
Soal No. 3 tentang Barisan Bilangan
Diketahui barisan bilangan 12, 20, 30, 42, 56, …. Suku ke-22 adalah ….
A. 624
B. 600
C. 575
E. 552
A. 624
B. 600
C. 575
E. 552
Pembahasan
Barisan bilangan di atas bukan termasuk barisan aritmetika, bukan pula barisan bilangan geometri. Barisan bilangan tersebut mempunyai beda yang selalu berubah atau disebut juga dengan barisan aritmetika bertingkat.Perhatikan pola barisan bilangan berikut ini!
Misalkan:
a = 12
b = 8
c = 2
Suku ke-n barisan aritmetika bertingkat dirumuskan sebagai:
Un = a + (n − 1)b + ½(n − 1)(n − 2)c
U22 = 12 + 21×8 + ½×21×20×2
= 12 + 168 + 420
= 600
Jadi, suku ke-22 barisan aritmetika bertingkat tersebut adalah 600 (B).
Soal No. 4 tentang Pola Bilangan
Perhatikan pola berikut!
Pada pola di atas banyak noktah pada pola ke-8 adalah ….
A. 17
B. 16
C. 15
D. 14
Pada pola di atas banyak noktah pada pola ke-8 adalah ….
A. 17
B. 16
C. 15
D. 14
Pembahasan
Barisan bilangan untuk pola di atas adalah:1, 3, 5, 7, …
Ternyata pola di atas membentuk barisan bilangan ganjil yang merupakan barisan aritmetika dengan:
a = 1
b = 2
Suku ke-n barisan bilangan tersebut dapat dicari dengan rumus:
Un = a + (n − 1)b
U8 = 1 + (8 − 1)2
= 1 + 14
= 15
Jadi, banyak noktah pada pola ke-8 adalah 15 (C).
Soal No. 5 tentang Menyederhanakan Bentuk Akar
Bentuk sederhana dari
adalah ....
adalah ....
Pembahasan
Menyederhanakan bentuk akar biasanya dilakukan dengan mengalikan dengan bilangan sekawan dari penyebut pecahan. Karena penyebutnya 5 + √3 maka bilangan sekawannya adalah 5 − √3.Dapatkan pembahasan soal dalam file pdf di sini.
Demikian, berbagi pengetahuan bersama Kak Ajaz. Silakan bertanya di kolom komentar apabila ada pembahasan yang kurang jelas. Semoga berkah.
Pembilang tinggal dikalikan biasa. Sedangkan penyebut diselesaikan dengan menggunakan rumus (a + b)(a − b) = a2 − b2.
Jadi, bentuk sederhana dari bentuk akar tersebut adalah opsi (A).
Simak Pembahasan Soal Matematika SMP UN 2017 selengkapnya.
No. 01 - 05 | No. 21 - 25 |
No. 06 - 10 | No. 26 - 30 |
No. 11 - 15 | No. 31 - 35 |
No. 16 - 20 | No. 36 - 40 |
Dapatkan pembahasan soal dalam file pdf di sini.
Demikian, berbagi pengetahuan bersama Kak Ajaz. Silakan bertanya di kolom komentar apabila ada pembahasan yang kurang jelas. Semoga berkah.
No comments:
Post a Comment
Maaf, komentar yang tidak berhubungan dengan konten, banyak mengandung singkatan kata, atau mengandung link aktif, tidak kami tayangkan.
Komentar Anda akan kami moderasi sebelum kami tayangkan. Centang 'Notify me' agar Anda mendapat pemberitahuan lewat email bahwa komentar Anda sudah ditayangkan