Tuesday 24 December 2019

Pembahasan TKP SKD CPNS 2019 No. 66 - 80 Bagian I

Pegawai kantor, Pembahasan TKP SKD CPNS 2019 No. 66 - 80 Bagian I

Pembahasan Simulasi Computer Assisted Test (CAT) bidang Tes Karakteristik Pribadi (TKP) Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) untuk pelamar CPNS 2019 nomor 66 sampai dengan nomor 80.

Kak Ajaz mengambil langsung soal-soal ini dari Simulasi CAT milik BKN (Badan Kepegawaian Negara) melalui portal resminya cat.bkn.go.id. Pelamar CPNS 2019 dihimbau agar melakukan latihan menjawab soal-soal SKD melalui simulasi CAT tersebut.

Pelamar akan disajikan 100 soal SKD yang terdiri dari 30 soal TWK (Tes Wawasan Kebangsaan), 35 soal TIU (Tes Intelegensi Umum), dan 35 soal TKP (Tes Karakteristik Pribadi). Usai simulasi, pelamar akan memperoleh skor hasil pengerjaannya.

Karena pada simulasi tersebut tidak ada pembahasannya, silakan menyimak pembahasan di sini sebelum atau sudah simulasi.

Sesering mungkin melakukan simulasi demi kesiapan Anda menghadapi tes SKD CPNS. Jangan khawatir, soal selalu berganti tiap kali Anda melakukan simulasi.

Khusus untuk Tes Karakteristik Pribadi (TKP), tidak ada jawaban benar atau salah. Semua opsi jawaban mempunyai nilai 1 – 5.

Pada pembahasan kali ini, Kak Ajaz hanya menunjukkan bobot nilai setiap opsi jawaban. Diharapkan setelah mengikuti pembahasan ini, pelamar CPNS bisa mendapatkan nilai 4 atau 5 dari opsi jawaban yang dipilih pada saat tes CPNS nanti.

Soal No. 66

Jika suatu rencana kerja terlihat rumit, maka ….

A.saya tak mau repot-repot mencobanya
B.saya khawatir jika mencobanya dan gagal
C.saya berani mencoba setelah memper-timbangkan risikonya
D.saya minta pendapat istri
E.yang penting saya coba dulu

Pembahasan

A.Nilai 1
B.Nilai 2
C.Nilai 5
D.Nilai 3
E.Nilai 4

Soal No. 67

Guna mencapai tujuan yang saya inginkan saya akan ....

A.berusaha sesuai dengan kemampuan tanpa target
B.berusaha dengan prinsip biar lambat asal selamat
C.berusaha dengan sekeras-kerasnya
D.meminta bantuan orang lain
E.menyerahkan pada nasib

Pembahasan

A.Nilai 3
B.Nilai 4
C.Nilai 5
D.Nilai 2
E.Nilai 1

Soal No. 68

Saya sedang menghadapi ujian akhir, namun saya tidak bisa hadir dalam ujian tersebut karena sakit dan dosen saya tidak menawarkan untuk mengikuti ujian susulan.

A.Cuek saja toh dosennya tidak menawarkan ujian susulan.
B.Saya menghadap dosen saya untuk meminta ujian susulan.
C.Saya menyadari bahwa jika saya tidak mengikuti ujian mungkin saya tidak akan lulus.
D.Seharusnya dosen tahu bahwa saya sedang sakit sehingga tidak dapat mengikuti ujian.
E.Saya mungkin akan mengikuti ujian susulan kalau diadakan.

Pembahasan

A.Nilai 2
B.Nilai 5
C.Nilai 4
D.Nilai 1
E.Nilai 3

Soal No. 69

Untuk mencapai tujuan yang saya inginkan saya akan ....

A.menyerahkan pada nasib
B.meminta bantuan orang lain
C.berusaha seadanya
D.berusaha sesuai kemampuan dengan target yang jelas
E.berusaha sesuai kemampuan tanpa target yang jelas

Pembahasan

A.Nilai 1
B.Nilai 2
C.Nilai 3
D.Nilai 5
E.Nilai 4

Soal No. 70

Kami dan teman-teman akan bepergian ke suatu daerah dengan menumpang kendaraan umum. Kebetulan kendaraan yang kami tumpangi ban kanan belakangnya kempis sehingga perjalanan kami tertunda.

A.Kami dan teman-teman akan mencari kendaraan lain.
B.Kami akan menunggu sampai kendaraan kami beres.
C.Sopirnya mungkin lalai untuk mempersiapkan kendaraan sehingga mengganggu perjalanan penumpang.
D.Mungkin kendaraannya sudah tua.
E.Kami tidak akan naik lagi kendaraan tersebut.

Pembahasan

A.Nilai 5
B.Nilai 4
C.Nilai 3
D.Nilai 2
E.Nilai 1

Soal No. 71

Perusahaan tempat saya bekerja sedang mengalami kesulitan keuangan.

A.Saya tidak merasa khawatir dan saya tidak akan pindah perusahaan karena saya merasa cocok dengan pekerjaan ini.
B.Setiap perusahaan pasti pernah mengalami kesulitan keuangan.
C.Perusahaan harus segera bertindak untuk mengatasi masalah ini.
D.Saya mulai mencari pekerjaan lain sembari tetap bekerja di perusahaan saat ini.
E.Saya tidak berpikir dua kali untuk segera keluar dari perusahaan tersebut walaupun belum memiliki pekerjaan lain.

Pembahasan

A.Nilai 5
B.Nilai 4
C.Nilai 3
D.Nilai 2
E.Nilai 1

Soal No. 72

Atasan Anda melakukan rekayasa laporan keuangan kantor, maka Anda ….

A.dalam hati tidak menyetujui hal tersebut
B.hal tersebut sering terjadi di kantor manapun
C.mengingatkan dan melaporkan kepada yang berwenang
D.tidak ingin terlibat dalam proses rekayasa tersebut
E.hal semacam itu memang sudah menjadi tradisi yang tidak baik di Indonesia

Pembahasan

A.Nilai 3
B.Nilai 1
C.Nilai 5
D.Nilai 4
E.Nilai 2

Soal No. 73

Berpindah-pindah pekerjaan adalah hal yang wajar.

A.Saya tidak berpendapat bahwa karyawan harus setia terhadap perusahaannya.
B.Saya meyakini nilai-nilai yang mengatakan bahwa loyalitas terhadap pekerjaan adalah sikap yang terpuji.
C.Pekerjaan saya saat ini tidak dapat menjamin masa depan saya.
D.Saya meyakini bahwa loyalitas itu penting, sehingga saya merasakan pentingnya tanggung jawab moral karyawan.
E.Saya menyukai pekerjaan saya, tetapi jika ada pekerjaan yang lebih baik saya tidak ragu untuk pindah.



Pembahasan

A.Nilai 1
B.Nilai 4
C.Nilai 2
D.Nilai 5
E.Nilai 3

Soal No. 74

Setiap hari Anda masuk kantor paling cepat dibandingkan pegawai lainnya. Yang Anda lakukan setelah tiba di kantor adalah ....

A.membaca koran dulu
B.santai di luar kantor menikmati udara pagi
C.mengobrol dengan rekan sejawat
D.membuat rencana kerja
E.menyelesaikan pekerjaan yang tertunda kemarin

Pembahasan

A.Nilai 3
B.Nilai 2
C.Nilai 1
D.Nilai 4
E.Nilai 5

Soal No. 75

Ketika berhasil dalam tugas, saya akan ….

A.tetap berusaha sekuat tenaga
B.tidak perlu lagi berusaha
C.berusaha semampu saya
D.berusaha sekadarnya
E.berusaha sesuai kondisi

Pembahasan

A.Nilai 5
B.Nilai 1
C.Nilai 4
D.Nilai 2
E.Nilai 3

Soal No. 76

Sikap saya terhadap perubahan, ide-ide, dan cara-cara baru dalam bekerja.

A.Perubahan bukan jaminan keberhasilan pekerjaan.
B.Perubahan adalah suatu yang pasti.
C.Keberhasilan pekerjaan bergantung pada jenis perubahan, ide, dan cara-cara baru tersebut.
D.Stabilitas dalam bekerja lebih penting.
E.Dengan adanya perubahan, kondisi kerja pasti lebih baik.

Pembahasan

A.Nilai 2
B.Nilai 1
C.Nilai 5
D.Nilai 4
E.Nilai 3

Soal No. 77

Saya memiliki buku favorit dan buku tersebut dihilangkan oleh teman dekat saya.

A.Saya marah pada teman saya.
B.Saya memintanya untuk mengganti buku tersebut karena buku itu favorit saya.
C.Saya sangat menyukai buku tersebut, namun buku itu sudah hilang.
D.Saya memusuhinya dan melarangnya meminjam buku saya lagi.
E.Saya memintanya untuk mengganti dan mengatakan padanya untuk lebih berhati-hati jika dia meminjam buku saya lagi.

Pembahasan

A.Nilai 2
B.Nilai 4
C.Nilai 3
D.Nilai 1
E.Nilai 5

Soal No. 78

Saya telah mempersiapkan diri dengan baik sebelum melakukan presentasi di kantor besok pagi.

A.Saya yakin besok presentasi saya berjalan dengan baik, namun saya tetap mempersiapkan dengan maksimal.
B.Meski begitu saya cemas kalau-kalau ternyata besok presentasi saya kurang lancar.
C.Saya pasrah jika ada kendala.
D.Tak mungkin presentasi saya tidak lancar.
E.Tapi mungkin saja presentasi saya terganggu hal lain.

Pembahasan

A.Nilai 5
B.Nilai 1
C.Nilai 3
D.Nilai 2
E.Nilai 4

Soal No. 79

Draft laporan yang saya buat ditolak pimpinan karena dianggap kurang visibel.

A.Segera melakukan perbaikan atas draft laporan dan mengajukannya kembali.
B.Menerima penolakan tetapi tidak melakukan tindak lanjut.
C.Menyalahkan orang lain karena tidak ikut membantu saya membuat draft tersebut.
D.Menerima penolakan dan berusaha memperbaiki.
E.Berusaha mencari alasan seperti sedikitnya waktu untuk mengerjakannya.

Pembahasan

A.Nilai 5
B.Nilai 3
C.Nilai 1
D.Nilai 4
E.Nilai 2

Soal No. 80

Ketika saudara dekat saya meminta bantuan untuk melakukan sesuatu yang cenderung melanggar hukum, maka tindakan saya ....

A.menolak keras
B.menolak dan menjelaskan alasannya
C.membantunya, namun itu untuk pertama dan terakhir kalinya
D.karena dia saudara dekat saya, maka saya harus membantunya demi ikatan persaudaraan yang suci
E.jika risikonya masih bisa saya tanggung, saya mau membantunya karena masih ada hubungan saudara

Pembahasan

A.Nilai 4
B.Nilai 5
C.Nilai 2
D.Nilai 1
E.Nilai 3

Simak Pembahasan Soal SKD CPNS 2019 selengkapnya.
No. 01 - 10 (TWK)No. 51 - 60 (TIU)
No. 11 - 20 (TWK)No. 61 - 65 (TIU)
No. 21 - 30 (TWK)No. 66 - 80 (TKP)
No. 31 - 40 (TIU)No. 81 - 90 (TKP)
No. 41 - 50 (TIU)No. 91 - 100 (TKP)

Dapatkan pembahasan soal dalam file pdf  di sini.

Demikian, berbagi pengetahuan bersama Kak Ajaz. Silakan bertanya di kolom komentar apabila ada pembahasan yang kurang jelas. Semoga berkah.

No comments:

Post a Comment

Maaf, komentar yang tidak berhubungan dengan konten, banyak mengandung singkatan kata, atau mengandung link aktif, tidak kami tayangkan.

Komentar Anda akan kami moderasi sebelum kami tayangkan. Centang 'Notify me' agar Anda mendapat pemberitahuan lewat email bahwa komentar Anda sudah ditayangkan