Wednesday 25 December 2019

Pembahasan TKP SKD CPNS 2019 No. 91 - 100 Bagian I

Sukses CPNS,  Pembahasan TKP SKD CPNS 2019 No. 91 - 100 Bagian I

Pembahasan Simulasi Computer Assisted Test (CAT) bidang Tes Karakteristik Pribadi (TKP) Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) untuk pelamar CPNS 2019 nomor 91 sampai dengan nomor 100.

Kak Ajaz mengambil langsung soal-soal ini dari Simulasi CAT milik BKN (Badan Kepegawaian Negara) melalui portal resminya cat.bkn.go.id. Pelamar CPNS 2019 dihimbau agar melakukan latihan menjawab soal-soal SKD melalui simulasi CAT tersebut.

Pelamar akan disajikan 100 soal SKD yang terdiri dari 30 soal TWK (Tes Wawasan Kebangsaan), 35 soal TIU (Tes Intelegensi Umum), dan 35 soal TKP (Tes Karakteristik Pribadi). Usai simulasi, pelamar akan memperoleh skor hasil pengerjaannya.

Karena pada simulasi tersebut tidak ada pembahasannya, silakan menyimak pembahasan di sini sebelum atau sudah simulasi.

Sesering mungkin melakukan simulasi demi kesiapan Anda menghadapi tes SKD CPNS. Jangan khawatir, soal selalu berganti tiap kali Anda melakukan simulasi.

Khusus untuk Tes Karakteristik Pribadi (TKP), tidak ada jawaban benar atau salah. Semua opsi jawaban mempunyai nilai 1 – 5.

Pada pembahasan kali ini, Kak Ajaz hanya menunjukkan bobot nilai setiap opsi jawaban. Diharapkan setelah mengikuti pembahasan ini, pelamar CPNS bisa mendapatkan nilai 4 atau 5 dari opsi jawaban yang dipilih pada saat tes CPNS nanti.

Soal No. 91

Sebagian rekan kerja pulang 1 jam lebih awal dari jadwal yang seharusnya, bagaimana dengan Anda?

A.Karena banyak yang melakukannya, mungkin hal itu tidaklah menjadi masalah yang berarti.
B.Banyak yang melakukannya sehingga saya pun juga melakukannya.
C.Demi toleransi, saya ikut melakukannya.
D.Saya tidak melakukannya agar dinilai sebagai staf yang rajin oleh atasan.
E.Saya tetap mengikuti aturan yang berlaku sehingga tetap pulang sesuai jadwal.

Pembahasan

A.Nilai 3
B.Nilai 1
C.Nilai 2
D.Nilai 4
E.Nilai 5

Soal No. 92

Terjadi pergantian pimpinan di unit kerja saya. Sikap saya adalah ....

A.Tidak berusaha mendekati pimpinan baru karena takut dicap penjilat.
B.Berusaha mengenal pribadi pimpinan baru.
C.Tidak peduli.
D.Berusaha mengenal dan memahami visi dan misi pimpinan baru.
E.Pergantian pimpinan itu sesuatu yang biasa.

Pembahasan

A.Nilai 2
B.Nilai 4
C.Nilai 1
D.Nilai 5
E.Nilai 3

Soal No. 93

Bagaimana biasanya Anda bersikap ketika mendapat peluang baru yang menarik dalam karir Anda?

A.Mengabaikan peluang yang baru datang.
B.Mempelajari untung rugi dari peluang tersebut.
C.Secara diam-diam mengambil peluang itu sambil tetap bekerja pada posisi yang sekarang.
D.Segera mengambil peluang tersebut.
E.Tetap saja dengan keadaan sekarang, karena prospek peluang tersebut belum tentu bagus.

Pembahasan

A.Nilai 1
B.Nilai 5
C.Nilai 3
D.Nilai 4
E.Nilai 2

Soal No. 94

Dalam setiap pekerjaan pasti memiliki job description masing-masing, dan saya telah melakukan sesuai dengan job description tersebut.

A.Di tengah-tengah kesibukan pekerjaan, saya tetap mau membantu teman menyelesaikan pekerjaannya yang tertunda.
B.Saya akan membantu kawan saya yang lain jika diminta.
C.Saya mau mempelajari hal lain di luar deskripsi jabatan saya.
D.Saya hanya akan melakukan pekerjaan di luar deskripsi jabatan jika diminta oleh atasan.
E.Enggan berkontribusi lebih dari apa yang telah dikerjakan saat ini.

Pembahasan

A.Nilai 5
B.Nilai 4
C.Nilai 3
D.Nilai 2
E.Nilai 1

Soal No. 95

Andi adalah seorang karyawan yang rajin. Namun apa yang akan terjadi pada masa mendatang tak ada yang tahu.

A.Andi tetap saja akan terkena PHK jika ekonomi nasional lesu.
B.Mustahil karyawan serajin Andi kena PHK.
C.Karakter Andi sebagai karyawan rajin dapat membantu kenaikan karirnya kelak.
D.Pemecatan banyak karyawan tidaklah terlalu berpengaruh terhadap citra perusahaan.
E.Harusnya karyawan rajin tak boleh kena PHK.



Pembahasan

A.Nilai 4
B.Nilai 1
C.Nilai 5
D.Nilai 3
E.Nilai 2

Soal No. 96

Saya diutus untuk menghadiri seminar menggantikan atasan saya. Pada saat yang bersamaan saya sedang mengerjakan laporan yang tidak terlalu mendesak.

A.Saya akan selesaikan terlebih dahulu laporan tersebut, sebab bisa saja diminta oleh atasan sewaktu-waktu.
B.Laporan tersebut akan menjadi merepotkan kalau tertunda.
C.Saya akan menghadiri seminar tersebut agar dapat menghindar dari tugas laporan.
D.Saya akan menghadiri seminar tersebut karena laporan belum harus segera diserahkan kepada atasan.
E.Saya bisa menghadiri seminar dan mengerjakan laporannya nanti saja.

Pembahasan

A.Nilai 3
B.Nilai 2
C.Nilai 1
D.Nilai 5
E.Nilai 4

Soal No. 97

Kerja keras dan cermat merupakan wujud upaya untuk menjadi pribadi yang bermanfaat. Berkaitan dengan hal itu saya senang ….

A.pekerjaan yang menantang
B.pekerjaan yang rutin
C.pekerjaan yang menumbuhkan kreativitas baru
D.bekerja dengan standar yang tinggi
E.bekerja tanpa mengenal lelah dan pamrih

Pembahasan

A.Nilai 3
B.Nilai 2
C.Nilai 5
D.Nilai 4
E.Nilai 1

Soal No. 98

Organisasi mensyaratkan karyawan baru untuk tidak menikah dulu selama mengikuti pendidikan. Kebetulan saya sudah menikah. Tetapi istri saya tidak tinggal satu kota dengan saya.

A.Saya akan tetap melamar pekerjaan di perusahaan tersebut, toh istri saya ada di lain kota.
B.Saya tidak akan melamar pekerjaan di perusahaan tersebut.
C.Seharusnya syarat tersebut tidak usah dicantumkan.
D.Saya akan melamar pekerjaan di perusahaan yang tidak mensyaratkan hal tersebut.
E.Sebenarnya dengan menikah justru saya tenang dalam bekerja.

Pembahasan

A.Nilai 1
B.Nilai 5
C.Nilai 3
D.Nilai 4
E.Nilai 2

Soal No. 99

Untuk mencapai tujuan kelompok yang telah ditetapkan saya:

A.Tidak mempermasalahkan apakah orang lain mau bekerja dengan baik atau tidak.
B.Mendorong orang lain untuk bekerja dengan baik jika situasi memungkinkan.
C.Mendorong orang lain bekerja dengan baik jika diperlukan.
D.Menstimulasi orang lain untuk mau bekerja dengan baik.
E.Mengajak orang lain bersama-sama untuk bekerja dengan baik.

Pembahasan

A.Nilai 1
B.Nilai 2
C.Nilai 3
D.Nilai 4
E.Nilai 5

Soal No. 100

Ketika gagal mencapai sesuatu yang saya inginkan, saya ....

A.mencari dengan saksama siapa yang turut bertanggung jawab terhadap kegagalan saya tersebut
B.mengambil waktu untuk menenangkan diri
C.bersedih hati
D.melakukan introspeksi dan memperbaiki upaya
E.meminta bantuan kepada lebih banyak orang

Pembahasan

A.Nilai 2
B.Nilai 3
C.Nilai 1
D.Nilai 5
E.Nilai 4

Simak Pembahasan Soal SKD CPNS 2019 selengkapnya.
No. 01 - 10 (TWK)No. 51 - 60 (TIU)
No. 11 - 20 (TWK)No. 61 - 65 (TIU)
No. 21 - 30 (TWK)No. 66 - 80 (TKP)
No. 31 - 40 (TIU)No. 81 - 90 (TKP)
No. 41 - 50 (TIU)No. 91 - 100 (TKP)

Simak juga:
Pembahasan TKP SKD CPNS 2019 Bagian 2

Dapatkan pembahasan soal dalam file pdf  di sini.

Demikian, berbagi pengetahuan bersama Kak Ajaz. Silakan bertanya di kolom komentar apabila ada pembahasan yang kurang jelas. Semoga berkah.

2 comments:

Maaf, komentar yang tidak berhubungan dengan konten, banyak mengandung singkatan kata, atau mengandung link aktif, tidak kami tayangkan.

Komentar Anda akan kami moderasi sebelum kami tayangkan. Centang 'Notify me' agar Anda mendapat pemberitahuan lewat email bahwa komentar Anda sudah ditayangkan