Wednesday 25 December 2019

Pembahasan TKP SKD CPNS 2019 No. 81 - 90 Bagian I

Semangat menghadapi tes CPNS, Pembahasan TKP SKD CPNS 2019 No. 81 - 90 Bagian I

Pembahasan Simulasi Computer Assisted Test (CAT) bidang Tes Karakteristik Pribadi (TKP) Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) untuk pelamar CPNS 2019 nomor 81 sampai dengan nomor 90.

Kak Ajaz mengambil langsung soal-soal ini dari Simulasi CAT milik BKN (Badan Kepegawaian Negara) melalui portal resminya cat.bkn.go.id. Pelamar CPNS 2019 dihimbau agar melakukan latihan menjawab soal-soal SKD melalui simulasi CAT tersebut.

Pelamar akan disajikan 100 soal SKD yang terdiri dari 30 soal TWK (Tes Wawasan Kebangsaan), 35 soal TIU (Tes Intelegensi Umum), dan 35 soal TKP (Tes Karakteristik Pribadi). Usai simulasi, pelamar akan memperoleh skor hasil pengerjaannya.

Karena pada simulasi tersebut tidak ada pembahasannya, silakan menyimak pembahasan di sini sebelum atau sudah simulasi.

Sesering mungkin melakukan simulasi demi kesiapan Anda menghadapi tes SKD CPNS. Jangan khawatir, soal selalu berganti tiap kali Anda melakukan simulasi.

Khusus untuk Tes Karakteristik Pribadi (TKP), tidak ada jawaban benar atau salah. Semua opsi jawaban mempunyai nilai 1 – 5.

Pada pembahasan kali ini, Kak Ajaz hanya menunjukkan bobot nilai setiap opsi jawaban. Diharapkan setelah mengikuti pembahasan ini, pelamar CPNS bisa mendapatkan nilai 4 atau 5 dari opsi jawaban yang dipilih pada saat tes CPNS nanti.

Soal No. 81

Atasan Anda menetapkan target tugas harus selesai pada deadline tanggal 27 bulan ini, maka ....

A.saya akan selesaikan tepat pada tanggal 27
B.kalau tugas lain menumpuk, saya akan minta izin untuk menyelesaikan barang satu atau dua hari sesudah deadline
C.saya mencoba menyelesaikan tanggal 26 jika memungkinkan
D.saya meminta tolong rekan lain agar tidak terlambat deadline
E.saya menegosiasikan deadline yang ditetapkan atasan tersebut dengan baik-baik agar tidak terlalu memberatkan

Pembahasan

A.Nilai 4
B.Nilai 2
C.Nilai 5
D.Nilai 1
E.Nilai 3

Soal No. 82

Hampir semua pegawai di kantor instansi saya meminta uang tanda terima kasih atas pengurusan surat izin tertentu. Namun menurut peraturan kantor, hal itu tidaklah diperbolehkan, maka saya ....

A.ikut melakukannya karena bagaimanapun juga kawan-kawan kantor juga melakukannya
B.melakukannya hanya jika terpaksa membutuhkan uang tambahan untuk keperluan keluarga, sebab gaji kantor memang kecil
C.terkadang saja melakukan hal tersebut
D.berusaha semampunya untuk tidak melakukannya
E.tidak ingin melakukannya sama sekali

Pembahasan

A.Nilai 1
B.Nilai 3
C.Nilai 2
D.Nilai 4
E.Nilai 5

Soal No. 83

Setelah mematangkan rencana, ….

A.saya masih khawatir apakah rencana tersebut bisa berhasil
B.berhasil tidaknya tak lepas dari pihak lain juga
C.manusia berusaha sebaik-baiknya dan Tuhan yang menentukan
D.bagaimanapun caranya rencana harus berhasil
E.saya minta pendapat orang lain terlebih dulu, sebab pendapat banyak orang lebih baik daripada pendapat satu orang

Pembahasan

A.Nilai 1
B.Nilai 2
C.Nilai 5
D.Nilai 3
E.Nilai 4

Soal No. 84

Kantor menyediakan fasilitas internet dengan akses penuh dan saya memiliki waktu luang setiap pagi.

A.Saya mencari pelatihan-pelatihan yang bisa menambah pengetahuan mengenai bidang ilmu yang saya minati.
B.Saya bisa mencari lowongan pekerjaan sampingan selagi atasan belum datang.
C.Saya mencari berita yang mungkin saja saya minati.
D.Saya membuka koran online untuk mengetahui perkembangan terbaru di dunia.
E.Saya bisa menggunakan internet setiap pagi untuk mengunduh game terbaru.

Pembahasan

A.Nilai 5
B.Nilai 2
C.Nilai 3
D.Nilai 4
E.Nilai 1

Soal No. 85

Pada saat saya harus memecahkan suatu persoalan, maka biasanya pikiran saya ....

A.tetap terpusat pada persoalan jika gangguan relatif kecil saja
B.mudah beralih tanpa sebab apapun
C.tetap pada hal yang harus dipecahkan apapun gangguannya
D.mudah beralih ke hal lain oleh sebab yang sangat mengganggu
E.mudah beralih kepada hal lain karena gangguan sedikit saja



Pembahasan

A.Nilai 4
B.Nilai 1
C.Nilai 5
D.Nilai 3
E.Nilai 2

Soal No. 86

Menurut saya, orang yang kehilangan kesempatan mengembangkan usahanya lebih disebabkan karena mereka ....

A.mundur begitu melihat risikonya
B.menunggu bantuan pihak lain
C.menunda ketika melihat risikonya
D.pikiran bercabang pada usaha lain
E.bertahan pada cara yang telah berjalan

Pembahasan

A.Nilai 5
B.Nilai 1
C.Nilai 4
D.Nilai 3
E.Nilai 2

Soal No. 87

Pimpinan kantor menggelar rapat kerja membahas penyusunan rencana kerja untuk tahun anggaran depan. Setiap pegawai diharapkan mempersiapkan usulan untuk kegiatan tahun depan. Respon saya ....

A.Tidak peduli
B.Tidak berminat sama sekali untuk mengajukan suatu ide kegiatan
C.Akan mengajukan suatu ide kegiatan jika diminta oleh pimpinan
D.Mungkin berminat untuk mengajukan suatu ide kegiatan yang akan dilaksanakan. Namun tergantung situasi dan kondisi
E.Ragu-ragu untuk mengajukan suatu ide kegiatan karena akan kecewa jika tidak diterima

Pembahasan

A.Nilai 1
B.Nilai 2
C.Nilai 5
D.Nilai 4
E.Nilai 3

Soal No. 88

Di kantor Anda ada beberapa peralatan yang tidak berfungsi (rusak), namun hanya Anda yang mengetahuinya. Apa tindakan Anda?

A.Saya akan diam saja, karena jika saya melaporkan hal ini ke bagian perlengkapan, maka akan dikira saya yang telah merusaknya.
B.Saya beri tahu rekan kerja terdekat saya.
C.Saya menginvestigasi siapa yang telah merusaknya.
D.Saya laporkan kepada bagian perlengkapan agar diambil tindakan seperlunya.
E.Tugas saya masih banyak, jadi tak ada waktu mengurusi hal tersebut.

Pembahasan

A.Nilai 3
B.Nilai 4
C.Nilai 1
D.Nilai 5
E.Nilai 2

Soal No. 89

Pengamat ekonomi memprediksikan bahwa bulan depan akan terjadi inflasi besar di Indonesia. Hal tersebut membuat Anda ....

A.susah tidur
B.depresi berat karena inflasi berarti harga barang naik
C.berhati-hati dan berhemat dalam membelanjakan uang
D.yang akan terjadi, biarlah terjadi
E.prediksi yang menyusahkan seperti itu tak perlu Anda percayai

Pembahasan

A.Nilai 2
B.Nilai 1
C.Nilai 5
D.Nilai 4
E.Nilai 3

Soal No. 90

Sudah sejak lama saya berusaha untuk memperbaiki kelemahan diri, tetapi belum juga tampak hasilnya. Pada akhirnya saya ….

A.dengan terpaksa menerimanya
B.menerimanya dengan sedikit kekecewaan
C.menerimanya dengan lapang dada
D.membenci diri sendiri
E.meratapi diri sendiri

Pembahasan

A.Nilai 3
B.Nilai 4
C.Nilai 5
D.Nilai 1
E.Nilai 2

Simak Pembahasan Soal SKD CPNS 2019 selengkapnya.
No. 01 - 10 (TWK)No. 51 - 60 (TIU)
No. 11 - 20 (TWK)No. 61 - 65 (TIU)
No. 21 - 30 (TWK)No. 66 - 80 (TKP)
No. 31 - 40 (TIU)No. 81 - 90 (TKP)
No. 41 - 50 (TIU)No. 91 - 100 (TKP)

Dapatkan pembahasan soal dalam file pdf  di sini.

Demikian, berbagi pengetahuan bersama Kak Ajaz. Silakan bertanya di kolom komentar apabila ada pembahasan yang kurang jelas. Semoga berkah.

No comments:

Post a Comment

Maaf, komentar yang tidak berhubungan dengan konten, banyak mengandung singkatan kata, atau mengandung link aktif, tidak kami tayangkan.

Komentar Anda akan kami moderasi sebelum kami tayangkan. Centang 'Notify me' agar Anda mendapat pemberitahuan lewat email bahwa komentar Anda sudah ditayangkan