- fungsi,
- gradien garis,
- persamaan garis,
- sistem persamaan linear dua variabel, serta
- penerapan sistem persamaan linear dua variabel.
Soal No. 16 tentang Fungsi
Diketahui rumus fungsi f(x) = 3x − 7. Nilai f(a + 3) adalah ….
A. 3a + 16
B. 3a + 2
C. 3a − 2
D. 3a − 16
A. 3a + 16
B. 3a + 2
C. 3a − 2
D. 3a − 16
Pembahasan
Diketahui f(x) ditanyakan f(a + 3) berarti mengganti variabel x dengan a + 3.f(x) = 3x − 7
f(a + 3) = 3(a + 3) − 7
= 3a + 9 − 7
= 3a + 2
Jadi, nilai dari f(a + 3) adalah 3a + 2 (B).
Soal No. 17 tentang Gradien Garis
Gradien garis 3y − 6x = −8 adalah ….
A. 2
B. 1/2
C. −1/2
D. −2
A. 2
B. 1/2
C. −1/2
D. −2
Pembahasan
Gradien garis 3y − 6x = −8 secara sederhana dapat dirumuskan sebagai:dengan a adalah koefisien x sedangkan b adalah koefisien y dengan syarat x dan y berada dalam satu ruas.
a = −6
b = 3
Dengan demikian, nilai gradien garis tersebut adalah:
= 2
Jadi, gradien garis tersebut adalah 2 (A).
Soal No. 18 tentang Persamaan Garis
Suatu perusahaan taksi memasang tarif seperti grafik berikut.
Alia pergi ke rumah nenek yang berjarak 22 kilometer dengan menggunakan taksi tersebut. Berapa tarif taksi yang harus dibayar Alia?
A. Rp66.000,00.
B. Rp73.000,00.
C. Rp132.000,00.
D. Rp143.000,00.
Alia pergi ke rumah nenek yang berjarak 22 kilometer dengan menggunakan taksi tersebut. Berapa tarif taksi yang harus dibayar Alia?
A. Rp66.000,00.
B. Rp73.000,00.
C. Rp132.000,00.
D. Rp143.000,00.
Pembahasan
Langkah pertama adalah menentukan persamaan tarif taksi berdasarkan grafik di atas. Misal y = tarif dan x = jarak, berlaku:y = mx + c
dengan m adalah gradien dan c adalah ordinat titik potong pada sumbu y.
Berdasarkan grafik tersebut diperoleh:
= 6/2
= 3
19 − 13 = 13 − c
6 = 13 − c
c = 13 − 6
= 7
Dengan demikian, persamaan tarif taksi tersebut adalah:
y = mx + c
y = 3x + 7
Jika Alia menempuh jarak 22 km (x = 22) maka tarif taksinya adalah:
y = 3×22 + 7
= 66 + 7
= 73 (dalam ribuan rupiah)
Jadi, tarif taksi yang harus dibayar Alia adalah Rp73.000,00 (B).
Soal No. 19 tentang Penerapan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel
Adi, Budi, dan Citra bersama-sama membeli buku tulis dan pensil yang sejenis. Adi membeli 4 buku tulis dan 1 pensil seharga Rp14.000,00. Budi membeli 6 buku tulis dan 2 pensil seharga Rp22.000,00. Jika Citra membeli 5 buku tulis dan 1 pensil, berapa rupiah yang harus dibayar Citra?
A. Rp13.000,00.
B. Rp16.750,00.
C. Rp17.000,00.
D. Rp18.000,00.
A. Rp13.000,00.
B. Rp16.750,00.
C. Rp17.000,00.
D. Rp18.000,00.
Pembahasan
Kita buat permisalan terlebih dahulu.x : buku tulis
y : pensil
Model matematika alat tulis yang dibeli oleh Adi, Budi, dan Citra adalah
Adi : 4x + y = 14.000
Budi : 6x + 2y = 22.000
Citra : 5x + y = ?
Nah, sekarang mari kita selesaikan model matematika di atas dengan cara eliminasi dan substitusi.
4x + y = 14.000 |×1 | 4x + y = 14.000
6x + 2y = 22.000 |×½| 3x + y = 11.000
——————— −
x = 3.000
x = 3.000 → 4x + y = 14.000
4×3.000 + y = 14.000
12.000 + y = 14.000
y = 2.000
Dengan demikian, harga alat tulis yang dibeli Citra adalah:
5x + y = 5×3.000 + 2.000
= 15.000 + 2.000
= 17.000
Jadi, harga 5 buku tulis dan 1 pensil yang dibeli oleh Citra adalah Rp17.000,00 (C).
Soal No. 20 tentang Sistem Persamaan Linear Dua Variabel
Penyelesaian dari ¾ x − ⅓ y = 2 dan ½ x + ⅔ y = 4 adalah x = a dan y = b. Nilai a − 3b adalah ….
A. −8
B. −5
C. 1
D. 5
A. −8
B. −5
C. 1
D. 5
Pembahasan
Soal di atas kelihatan sulit karena koefisiennya berbentuk pecahan. Untuk mengatasinya kita kalikan masing-masing suku dengan suatu bilangan. Bilangan tersebut haruslah merupakan hasil kali penyebutnya.¾ x − ⅓ y = 2 |×12| 9x − 4y = 24
½ x + ⅔ y = 4 | × 6| 3x + 4y = 24
—————— +
12x = 48
x = 4
x = 4 → 3x + 4y = 24
3×4 + 4y = 24
12 + 4y = 24
4y = 12
y = 3
Sekarang kita masuk ke pertanyaan.
a − 3b = x − 3y
= 4 − 3×3
= 4 − 9
= −5
Jadi, nilai dari a − 3b adalah −5 (B).
Simak Pembahasan Soal Matematika SMP UN 2015 selengkapnya.
No. 01 - 05 | No. 21 - 25 |
No. 06 - 10 | No. 26 - 30 |
No. 11 - 15 | No. 31 - 35 |
No. 16 - 20 | No. 36 - 40 |
Dapatkan pembahasan soal dalam file pdf di sini.
Demikian, berbagi pengetahuan bersama Kak Ajaz. Silakan bertanya di kolom komentar apabila ada pembahasan yang kurang jelas. Semoga berkah.
kak kalo soalnya kaya gini gimana penyelesaiannya
ReplyDeletesuatu fungsi dirumuskan dengan f(x) = ax^2 - 5 jika f^-1 (13) = -3, nilai a =...
Kok soal invers fungsi? Di SMP kan tidak ada. Soal Olimpiade kah?
DeleteBaiklah, kak Ajaz berusaha jawab:
y = f(x)
y = ax^2 - 5
ax^2 = y + 5
x^2 = 1/a(y + 5)
x = akar [1/a(y + 5)]
y^-1 = akar [1/a(x + 5)]
-3 = akar [1/a(13 + 5)]
9 = 18/a
9a = 18
a = 2
maaf soal nomor 18 itu klo mnurut saya 19=13-c harusnya 19=12-c deh kalo c=7
ReplyDeletePada pembahasan tidak ada 19=13-c, yang ada
Delete19 − 13 = 13 − c
persamaan ini diambil dari rentang sumbu y.
Perhatikan sumbu y!
Panjang dari c sampai 13 sama dengan panjang dari 13 sampai 19. Jika diterjemahkan dalam bahasa matematika menjadi:
19 - 13 = 13 - c
Btw, 19=12-c itu c-nya bukan 7, tetapi -7
thanks :)
ReplyDeleteSama-sama. Semoga bermanfaat
Delete