Pembahasan soal-soal Ujian Nasional (UN) tahun 2013 bidang studi Matematika SMA-IPA nomor 1 sampai dengan nomor 5 tentang:
- penarikan kesimpulan,
- ekuivalensi,
- bentuk akar,
- logaritma, dan
- persamaan kuadrat.
Soal No. 1 tentang Penarikan Kesimpulan
Diketahui premis-premis berikut:
Premis 1 : Jika harga BBM naik maka harga sembako naik.
Premis 2 : Jika harga sembako naik maka tarif tol naik.
Premis 3 : Tarif tol tidak naik.
Kesimpulan yang sah dari ketiga premis di atas adalah …
A. Jika harga BMM naik maka tarif tol naik.
B. Jika harga sembako naik maka tarif tol naik.
C. Harga BBM naik.
D. Harga BBM tidak naik.
E. Harga sembako tidak naik.
Premis 1 : Jika harga BBM naik maka harga sembako naik.
Premis 2 : Jika harga sembako naik maka tarif tol naik.
Premis 3 : Tarif tol tidak naik.
Kesimpulan yang sah dari ketiga premis di atas adalah …
A. Jika harga BMM naik maka tarif tol naik.
B. Jika harga sembako naik maka tarif tol naik.
C. Harga BBM naik.
D. Harga BBM tidak naik.
E. Harga sembako tidak naik.
Pembahasan
Kita misalkan terlebih dahulu.p : Harga BBM naik
q : Harga sembako naik
r : tarif tol naik
Premis 1 dan 2 berbentuk implikasi (kalimat bersyarat). Kita selesaikan dulu dengan silogisme.
p ⇒ q
q ⇒ r
⎯⎯⎯⎯⎯
∴ p ⇒ r
Hasil kesimpulan kedua premis tersebut kita operasikan dengan premis 3 dengan modus Tollens.
p ⇒ r
~r
⎯⎯⎯⎯⎯⎯
∴ ~p
Kesimpulan akhirnya adalah ~p. Karena p adalah ‘harga BBM naik’ maka ~p adalah ‘harga BBM tidak naik’.
Jadi, kesimpulan yang sah dari ketiga premis di atas adalah harga BBM tidak naik (D).
Soal No. 2 tentang Ekuivalensi
Pernyataan yang setara dengan pernyataan “Ani tidak mengikuti pelajaran matematika atau Ani mendapat tugas menyelesaikan soal-soal matematika.” adalah …
A. Jika Ani mengikuti pelajaran matematika maka Ani mendapat tugas menyelesaikan soal-soal matematika.
B. Jika Ani tidak mengikuti pelajaran matematika maka Ani mendapat tugas menyelesaikan soal-soal matematika.
C. Jika Ani tidak mengikuti pelajaran matematika maka Ani tidak mendapat tugas menyelesaikan soal-soal matematika.
D. Ani tidak mengikuti pelajaran matematika dan Ani mendapat tugas menyelesaikan soal-soal matematika.
E. Ani tidak mengikuti pelajaran matematika dan Ani tidak mendapat tugas menyelesaikan soal-soal matematika.
A. Jika Ani mengikuti pelajaran matematika maka Ani mendapat tugas menyelesaikan soal-soal matematika.
B. Jika Ani tidak mengikuti pelajaran matematika maka Ani mendapat tugas menyelesaikan soal-soal matematika.
C. Jika Ani tidak mengikuti pelajaran matematika maka Ani tidak mendapat tugas menyelesaikan soal-soal matematika.
D. Ani tidak mengikuti pelajaran matematika dan Ani mendapat tugas menyelesaikan soal-soal matematika.
E. Ani tidak mengikuti pelajaran matematika dan Ani tidak mendapat tugas menyelesaikan soal-soal matematika.
Pembahasan
Misal:p : Ani mengikuti pelajaran matematika
q : Ani mendapat tugas menyelesaikan soal-soal matematika
Pernyataan “Ani tidak mengikuti pelajaran matematika atau Ani mendapat tugas menyelesaikan soal-soal matematika.” berbentuk disjungsi:
~p ∨ q
Pernyataan disjungsi mempunyai hubungan ekuivalensi dengan implikasi.
~p ∨ q ≡ p ⇒ q
Pernyataan p ⇒ q berarti “Jika Ani mengikuti pelajaran matematika maka Ani mendapat tugas menyelesaikan soal-soal matematika.”
Jadi, pernyataan yang setara adalah opsi (A).
Soal No. 3 tentang Bentuk Akar
Bentuk sederhana dari
Pembahasan
Penyederhanaan bentuk akar yang paling umum adalah dengan cara mengalikan bentuk sekawan.Catatan:
Penyebut pecahan diselesaikan dengan rumus:
(a + b)(a − b) = a2 − b2
Jadi, penyederhanaan bentuk akar tersebut yang paling tepat adalah opsi (C).
Perdalam materi ini di Pembahasan Matematika IPA UN: Bentuk Akar
Soal No. 4 tentang Logaritma
Diketahui 3log 5 = a dan 2log 3 = b. Nilai 6log 10 adalah ….
Pembahasan
Rumus-rumus yang perlu diingat untuk menyelesaikan soal di atas adalah:Mari kita selesaikan dengan hati-hati!
Agar dapat diselesaikan, Kak Ajaz selipkan bilangan pokok yang sama, yaitu 3. Bilangan pokok ini diambil dari angka yang ada pada soal.
Jadi, nilai dari 6log 10 adalah opsi (D).
Perdalam materi ini di Pembahasan Matematika IPA UN: Logaritma
Soal No. 5 tentang Persamaan Kuadrat
Akar-akar persamaan x2 + (a − 1)x + 2 = 0 adalah α dan β. Jika α = 2β dan a > 0 maka nilai a = ….
A. 2
B. 3
C. 4
D. 6
E. 8
A. 2
B. 3
C. 4
D. 6
E. 8
Pembahasan
Diketahui:α = 2β
Penjumlahan kedua akar persamaan kuadrat x2 + (a − 1)x + 2 = 0 adalah:
α + β = −(a − 1)/1
α + β = 1 − a
Substitusi α = 2β diperoleh:
2β + β = 1 − a
a = 1 − 3β … (1)
Sedangkan perkalian kedua akarnya adalah:
α ∙ β = 2/1
α ∙ β = 2 … (2)
Substitusi α = 2β diperoleh:
2β ∙ β = 2
β2 = 1
β = ±1
Nah, sekarang Kak Ajaz substitusikan nilai β ini ke persamaan (1).
a = 1 − 3β
= 1 − 3 ∙ (±1)
= 1 ∓ 3
Berarti nilai a ada dua:
a = 1 − 3 = −2 dan
a = 1 + 3 = 4
Karena a > 0 maka yang memenuhi adalah a = 4.
Jadi, nilai a pada persamaan kuadrat tersebut adalah 4 (C).
Perdalam materi ini di Pembahasan Matematika IPA UN: Persamaan Kuadrat
Simak Pembahasan Soal Matematika IPA UN 2013 selengkapnya.
No. 01 - 05 | No. 21 - 25 |
No. 06 - 10 | No. 26 - 30 |
No. 11 - 15 | No. 31 - 35 |
No. 16 - 20 | No. 36 - 40 |
Pembahasan Matematika IPA UN 2013 No. 6 - 10
Pembahasan Matematika IPA UN 2013 No. 01 - 05
Dapatkan pembahasan soal dalam file pdf di sini.
Demikian, berbagi pengetahuan bersama Kak Ajaz. Silakan bertanya di kolom komentar apabila ada pembahasan yang kurang jelas. Semoga berkah.
No comments:
Post a Comment
Maaf, komentar yang tidak berhubungan dengan konten, banyak mengandung singkatan kata, atau mengandung link aktif, tidak kami tayangkan.
Komentar Anda akan kami moderasi sebelum kami tayangkan. Centang 'Notify me' agar Anda mendapat pemberitahuan lewat email bahwa komentar Anda sudah ditayangkan