Pembahasan soal-soal Ujian Nasional (UN) tahun 2018 bidang studi Biologi nomor 1 sampai dengan nomor 5 tentang:
- jamur,
- invertebrata,
- ekosistem [jaring-jaring makanan],
- ekosistem [piramida], serta
- kegiatan manusia dan perubahan lingkungan.
Soal No. 1 tentang Jamur
Dalam pengamatan literatur, sekelompok peserta didik mempelajari beberapa jamur berikut:
Jamur yang tergolong Basidiomycota ditunjukkan oleh gambar … dengan ciri spora dihasilkan di dalam ….
A. (1) dan (2), askus
B. (1) dan (3), basidium
C. (2) dan (4), askus
D. (3) dan (4), basidium
E. (4) dan (5), basidium
Jamur yang tergolong Basidiomycota ditunjukkan oleh gambar … dengan ciri spora dihasilkan di dalam ….
A. (1) dan (2), askus
B. (1) dan (3), basidium
C. (2) dan (4), askus
D. (3) dan (4), basidium
E. (4) dan (5), basidium
Pembahasan
Keterangan gambar di atas adalah sebagai berikut:- Gambar (1): Deuteromycota
Merupakan jamur yang tidak sempurna, tidak ditemukan askus maupun basidium. Berkembang biak dengan konidia. Sebagian besar jamur jenis ini merusak tanaman.
- Gambar (2): Zygomycota
Cirinya mempunyai hifa sehingga tampak seperti pipa atau bulu-bulu. Contohnya jamur tempe dan jamur tape.
- Gambar (3): Ascomycota
Bentuknya seperti mangkuk. Berkembang biak dengan spora yang dihasilkan di dalam askus. Dikenal juga dengan jamur roti.
- Gambar (4) dan (5): Basidiomycota
Bentuk tubuh seperti payung. Berkembang biak dengan spora yang dihasilkan dalam basidium. Umumnya bisa dimakan.Jadi, jamur yang tergolong Basidiomycota adalah gambar (4) dan (5) dengan ciri spora dihasilkan di dalam basidium (E).
Soal No. 2 tentang Invertebrata
Perhatikan daur hidup Fasciola hepatica berikut!
Proses yang terjadi pada tahap X adalah peristiwa ….
A. reproduksi seksual
B. hermafrodit
C. paedogenesis
D. pembentukan tunas
E. perubahan bentuk
Proses yang terjadi pada tahap X adalah peristiwa ….
A. reproduksi seksual
B. hermafrodit
C. paedogenesis
D. pembentukan tunas
E. perubahan bentuk
Pembahasan
Berikut ini daur hidup Fasciola hepatica atau cacing hati:- Telur cacing keluar ke alam bebas bersama faces sapi atau kambing.
- Bila menemukan habitat basah. telur menetas dan menjadi larva bersilia, yang disebut mirasidium.
- Mirasidium masuk ke dalam tubuh siput Lymnea dan tumbuh menghasilkan sporokista.
- Sporokista secara partenogenesis akan menghasilkan redia
- Redia secara paedogenesis akan membentuk serkaria.
- Serkaria meninggalkan tubuh siput menempel pada rumput dan berubah menjadi metaserkaria.
- Metaserkaria termakan oleh hewan ternak berkembang menjadi cacing muda yang selanjutnya bermigrasi ke saluran empedu pada hati inang yang baru untuk memulai daur hidupnya
Perdalam materi ini di Daur Hidup Makhluk Hidup [Soal UN dan Pembahasan].
Soal No. 3 tentang Ekosistem [jaring-jaring makanan]
Perhatikan gambar jaring-jaring makanan pada ekosistem perairan di bawah ini!
Jika terjadi pencemaran pestisida di perairan, konsentrasi zat pencemar terbanyak dalam jaringan terdapat pada ….
A. fitoplankton
B. zooplankton
C. hiu
D. lumba-lumba
E. paus pemakan lumba-lumba
Jika terjadi pencemaran pestisida di perairan, konsentrasi zat pencemar terbanyak dalam jaringan terdapat pada ….
A. fitoplankton
B. zooplankton
C. hiu
D. lumba-lumba
E. paus pemakan lumba-lumba
Pembahasan
Konsentrasi atau kadar zat pencemar merupakan akumulasi dari kadar zat pencemar tiap tingkat tropik. Dengan demikian, konsentrasi zat pencemar terbanyak dalam jaring-jaring makanan terdapat pada tingkat tropik tertinggi.Jadi, konsentrasi zat pencemar terbanyak dalam jaringan terdapat pada hiu pemakan lumba-lumba (E).
Perdalam materi ini di Dampak Interaksi Makhluk Hidup [Soal UN dan Pembahasan].
Soal No. 4 tentang Ekosistem [piramida]
Pada suatu ekosistem air laut, jumlah ganggang atau fitoplankton adalah 8.000, ikan kecil sebanyak 300 ekor, ikan sedang sebanyak 50 ekor, dan ikan besar sebanyak 5 ekor. Bentuk piramida jumlah yang sesuai adalah ….
Pembahasan
Ganggang atau fitoplankton sebagai produsen merupakan tingkat tropik terendah dan menempati dasar piramida. Selanjutnya diikuti oleh ikan kecil, ikan sedang, dan ikan besar.Jadi, bentuk piramida jumlah yang sesuai adalah opsi (A).
Soal No. 5 tentang Kegiatan Manusia dan Perubahan Lingkungan
Kerusakan lingkungan menjadi faktor penyebab meningkatnya ancaman bencana ekologis. Bencana banjir, banjir bandang, dan tanah longsor yang melanda beberapa wilayah tidak hanya disebabkan oleh faktor iklim, seperti turunnya hujan dengan intensitas tinggi, tetapi juga dipicu oleh kerusakan lingkungan. Sementara itu, faktor utama penyebab kerusakan lingkungan di wilayah tertentu adalah kegiatan eksploitasi sumber daya alam yang tidak memperhatikan daya dukung dan daya tampung lingkungan.
Cara mengatasi permasalahan tersebut adalah ….
A. memperbaiki saluran-saluran air dan membuat tanggul di sungai
B. merevisi kebijakan undang-undang tentang pencegahan pencemaran
C. menutup semua usaha pertambangan yang mengeksploitasi sumber daya alam
D. mengharuskan pabrik atau proyek melakukan analisis dampak lingkungan
E. memperketat pendidikan terhadap masyarakat dengan berbagai penyuluhan
Cara mengatasi permasalahan tersebut adalah ….
A. memperbaiki saluran-saluran air dan membuat tanggul di sungai
B. merevisi kebijakan undang-undang tentang pencegahan pencemaran
C. menutup semua usaha pertambangan yang mengeksploitasi sumber daya alam
D. mengharuskan pabrik atau proyek melakukan analisis dampak lingkungan
E. memperketat pendidikan terhadap masyarakat dengan berbagai penyuluhan
Pembahasan
Permasalahan dia atas adalah kegiatan eksploitasi sumber daya alam yang tidak memperhatikan daya dukung dan daya tampung lingkungan.Artinya, eksploitasi sumber daya alam tetap diizinkan [opsi C salah], asal memperhatikan daya dukung dan daya tampung lingkungan. Caranya dengan mengharuskan pabrik atau proyek melakukan analisis mengenai dampak lingkungan atau AMDAL.
Jadi, cara mengatasi permasalahan tersebut adalah opsi (D).
Perdalam materi ini di Dampak Perubahan Lingkungan [Soal UN dan Pembahasan].
Simak Pembahasan Soal Biologi UN 2018 selengkapnya.
No. 01 - 05 | No. 21 - 25 |
No. 06 - 10 | No. 26 - 30 |
No. 11 - 15 | No. 31 - 35 |
No. 16 - 20 | No. 36 - 40 |
Pembahasan Biologi UN 2018 No. 01 - 05
Pembahasan Biologi UN 2018 No. 11 - 15
Dapatkan pembahasan soal dalam file pdf di sini.
Demikian, berbagi pengetahuan bersama Kak Ajaz. Silakan bertanya di kolom komentar apabila ada pembahasan yang kurang jelas. Semoga berkah.
No comments:
Post a Comment
Maaf, komentar yang tidak berhubungan dengan konten, banyak mengandung singkatan kata, atau mengandung link aktif, tidak kami tayangkan.
Komentar Anda akan kami moderasi sebelum kami tayangkan. Centang 'Notify me' agar Anda mendapat pemberitahuan lewat email bahwa komentar Anda sudah ditayangkan