Wednesday, 17 February 2016

Pembahasan Matematika IPS UN 2015 No. 11 - 15

Pembahasan soal Matematika IPS Ujian Nasional tahun 2015 nomor 11 sampai dengan nomor 15 tentang:
  • penyelesaian persamaan kuadrat, 
  • sifat akar persamaan kuadrat, 
  • persamaan kuadrat, 
  • pertidaksamaan kuadrat, dan 
  • sistem persamaan linear.

Soal No. 11 tentang Penyelesaian Persamaan Kuadrat

Himpunan penyelesaian persamaan kuadrat x2 − 2x − 15 = 0 adalah ....

A.   {−5, −3}
B.   {−5, 3}
C.   {−3, 5}
D.   {−2, 5}
E.   {3, 5}




Pembahasan

Cara yang sudah lazim dalam menyelesaikan persamaan kuadrat di atas adalah dengan cara pemfaktoran. 

x2 − 2x − 15 = 0
(x + 3)(x − 5) = 0 
x = −3 atau x = 5

Jadi, himpunan penyelesaian persamaan kuadrat di atas adalah {−3, 5} (C).

Soal No. 12 tentang Sifat Akar Persamaan Kuadrat

Misalkan x1 dan x2 adalah akar-akar persamaan kuadrat x2 − 10x + 3 = 0 maka nilai dari x12x2 + x1x22 adalah ....

A.   −30
B.   −10
C.   3
D.   10
E.   30



Pembahasan

Dari persamaan kuadrat x2 − 10x + 3 = 0 kita peroleh: 

a = 1 
b = −10 
c = 3

Penjumlahan dan perkalian akarnya adalah: 

x1 + x2 = −b/a
            = 10 

x1 . x2 = c/a
           = 3

Sekarang kita masuk ke pertanyaan: 

x12x2 + x1x22 = x1.x2(x1 + x2)
                      = 3 . 10
                      = 30

Jadi, nilai yang dimaksud adalah 30 (E).

Soal No. 13 tentang Persamaan Kuadrat

Persamaan kuadrat yang akar-akarnya −½ dan 3 adalah ....

A.   x2 − 5x + 3 = 0
B.   x2 − 5x − 3 = 0
C.   2x2 − 5x + 3 = 0
D.   2x2 − 5x − 3 = 0
E.   2x2 − 7x − 3 = 0




Pembahasan

Biasanya kita menyelesaikan persamaan kuadrat dengan pemfaktoran kemudian kita peroleh akar-akarnya, seperti soal nomor 11. Nah, sekarang kita melakukan hal yang sebaliknya, dari akar-akar yang diketahui kita kerjakan mundur hingga diperoleh persamaannya. 

x = −½ dan x = 3
  (2x + 1)(x − 3) = 0
2x2 − 6x + x − 3 = 0
     2x2 − 5x − 3  = 0

Jadi, persamaan kuadrat untuk akar-akar tersebut adalah 2x2 − 5x − 3 = 0 (D).

Soal No. 14 tentang Pertidaksamaan Kuadrat

Himpunan penyelesaian real pertidaksamaan x2 + 4x − 5 ≤ 0 adalah ....

A.   {x| −5 ≤ x ≤ 1, x ∈ R}
B.   {x| −1 ≤ x ≤ 5, x ∈ R}
C.   {x| −5 ≤ x ≤ −1, x ∈ R}
D.   {x| x ≤ −1 atau x ≥ 5, x ∈ R}
E.   {x| x ≤ −5 atau x ≥ 1, x ∈ R} 




Pembahasan

Karena tanda pertidaksamaannya , jawabannya tidak mungkin opsi D dan E dengan catatan a > 0. Untuk memastikan, kita lakukan pemfaktoran. 

   x2 + 4x − 5 ≤ 0
(x + 5)(x − 1) ≤ 0

Sampai di sini sudah bisa ditebak, jawabannya adalah opsi A karena pembuat nolnya x = −5 dan x = 1. Baiklah, agar lebih meyakinkan, kita buat garis bilangannya.

Garis bilangan pertidaksamaan x2+4x-5<0

Jadi, daerah pertidaksamaan yang dimaksud terletak pada interval −5 ≤ x ≤ 1 (A).

Soal No. 15 tentang Sistem Persamaan Linear

Diketahui sistem persamaan linear:

Sistem persamaan linear

Nilai x adalah ....

A.   250
B.   200
C.   150
D.   100
E.   50




Pembahasan

Penyelesaian sistem persamaan linear yang paling umum adalah eliminasi. Karena yang ditanyakan nilai x maka yang harus dieliminasi adalah y.

5x + 2y = 850 |×3| 15x + 6y = 2550
4x + 3y = 750 |×2|   8x + 6y = 1500
                            ———————— −
                                        7x = 1050
                                          x = 150

Jadi, nilai x pada sistem persamaan linear tersebut adalah 150 (C).

Simak Pembahasan Soal Matematika IPS UN 2015 selengkapnya.
No. 01 - 05No. 21 - 25
No. 06 - 10No. 26 - 30
No. 11 - 15No. 31 - 35
No. 16 - 20No. 36 - 40

Dapatkan pembahasan soal dalam file pdf  di sini.

Demikian, berbagi pengetahuan bersama Kak Ajaz. Silakan bertanya di kolom komentar apabila ada pembahasan yang kurang jelas. Semoga berkah.

No comments:

Post a Comment

Maaf, komentar yang tidak berhubungan dengan konten, banyak mengandung singkatan kata, atau mengandung link aktif, tidak kami tayangkan.

Komentar Anda akan kami moderasi sebelum kami tayangkan. Centang 'Notify me' agar Anda mendapat pemberitahuan lewat email bahwa komentar Anda sudah ditayangkan