Monday 13 January 2020

Pembahasan Matematika IPA UN 2019 No. 6 - 10 Paket 2

Deret geometri tak hingga, Pembahasan Matematika IPA UN 2019 No. 6 - 10 Paket 2

Pembahasan soal Ujian Nasional (UN) tahun 2019 bidang studi Matematika SMA-IPA nomor 6 sampai dengan nomor 10 paket 2 tentang:
  • barisan dan deret aritmetika, 
  • barisan dan deret geometri, 
  • deret geometri tak hingga, 
  • fungsi, serta 
  • komposisi fungsi.

Soal No. 6 tentang Barisan dan Deret Aritmetika

Seorang peternak ayam petelur mencatat banyak telur yang dihasilkan selama 12 hari. Setiap hari banyaknya telur yang dihasilkan bertambah 4 buah. Jika hari pertama telur yang dihasilkan berjumlah 20 buah, jumlah seluruh telur selam 12 hari adalah ….

A.480
B.496
C.504
D.512
E.520




Pembahasan

Kalimat “…telur yang dihasilkan bertambah 4 buah.” menunjukkan bahwa soal di atas adalah deret aritmetika.

Diketahui:

n = 12
b = 4
a = 20

Jumlah seluruh telur selama 12 hari memenuhi rumus:

Sn= ½ n[2a + (n − 1)b]
S12= ½ × 12[2 × 20 + (12 − 1)4]
= 6(40 + 44)
= 6 × 84
= 504

Jadi, jumlah seluruh telur selam 12 hari adalah 504 butir (C).

Perdalam materi ini di Pembahasan Matematika UN: Barisan dan Deret.

Soal No. 7 tentang Barisan dan Deret Geometri

Seorang peneliti melakukan pengamatan terhadap bakteri tertentu. Setiap 1/2 hari bakteri membelah diri menjadi dua. Pada awal pengamatan terdapat 2 bakteri. Jika setiap 2 hari 1/4 dari jumlah bakteri mati, banyaknya bakteri setelah 3 hari adalah ….

A.48 bakteri
B.64 bakteri
C.96 bakteri
D.128 bakteri
E.192 bakteri

Pembahasan

Kalimat “Setiap 12 hari bakteri membelah diri menjadi dua” menunjukkan bahwa soal di atas adalah soal deret geometri dengan rasio sama dengan 2.

Deret geometri tersebut mempunyai syarat bahwa setiap 2 hari 14 dari jumlah bakteri mati. Dengan syarat ini, sangat tidak efektif bila dikerjakan dengan rumus deret geometri. Sebaiknya kita buat tabel sebagai berikut:

Tabel jumlah baterai yang hidup dan mati

Jadi, banyaknya bakteri setelah 3 hari adalah 96 bakteri (C).

Perdalam materi ini di Pembahasan Matematika UN: Barisan dan Deret.

Soal No. 8 tentang Deret Geometri Tak Hingga

Sebuah bola tenis dijatuhkan dari ketinggian 2 m dan memantul kembali dengan ketinggian 3/4 kali tinggi sebelumnya. Pemantulan ini terus berlangsung hingga bola berhenti. Jumlah seluruh lintasan bola adalah ….

A.12 m
B.14 m
C.16 m
D.18 m
E.20 m



Pembahasan

Perhatikan gambar ilustrasi lintasan bola tenis berikut ini!

Penerapan deret geometri tak hingga pada lintasan bola tenis, soal matematika SMP UN 2019

Pada pantulan pertama dan seterusnya, lintasan bola membentuk dua deret geometri tak hingga yang sama besar (lintasan naik dan turun). Adapun besaran-besaran yang diketahui adalah sebagai berikut:

r= 3/4
a0= 2 m
a= 3/4 × 2 m
= 3/2 m

Dengan demikian, lintasan bola tenis tersebut adalah:

Rumus untuk menentukan panjang seluruh lintasan bola tenis yang memantul, 2 kali deret tak hingga ditambah lintasan awal

Jadi, jumlah seluruh lintasan bola adalah 14 m (B).

Perdalam materi ini di Pembahasan Matematika UN: Barisan dan Deret.

Soal No. 9 tentang Fungsi

Daerah asal fungsi

Fungsi h(x)=√((x^2+2x-3)/(x-4)), soal fungsi akar, pertidaksamaan, syarat akar, syarat pecahan, Matematika IPA UN 2019

agar terdefinisikan adalah ….

A.{x│1 ≤ x ≤ 4, x ∈ R}
B.{xx ≤ −1 atau 3 ≤ x ≤ 4, x ∈ R}
C.{xx ≤ −3 atau 1 ≤ x ≤ 4, x ∈ R}
D.{x│1 ≤ x ≤ 3 atau x > 4, x ∈ R}
E.{x│−3 ≤ x ≤ 1 atau x > 4, x ∈ R}

Pembahasan

Domain atau daerah asal fungsi h(x) adalah semua nilai x yang memenuhi fungsi h(x). Fungsi h(x) adalah fungsi akar. Agar terdefinisikan, fungsi tersebut harus memenuhi syarat akar, yaitu fungsi diakar harus lebih besar atau sama dengan nol.

Syarat fungsi akar berbetuk akar, yang diakar harus lebih besar atau sama dengan nol

Garis bilangan pertidaksamaan di atas adalah:

Garis bilangan fungsi akar sebelum syarat penyebut

Karena fungsi tersebut berbentuk pecahan maka penyebutnya tidak boleh sama dengan nol.

x − 40
x4

Sehingga garis bilangan di atas menjadi:

Garis bilangan fungsi akar berbentuk pecahan dengan syarat penyebut

Dengan demikian hasil penyelesaiannya adalah:

−3 ≤ x ≤ 1 atau x > 4

Jadi, daerah asal fungsi tersebut adalah opsi (E).

Perdalam materi ini di Soal FUNGSI Matematika UN SMA-IPA dan Pembahasan.

Soal No. 10 tentang Komposisi Fungsi

Diketahui fungsi f : RR dan g : RR dengan (fg)(x) = 8x3 − 20x2 + 22x − 10 dan g(x) = 2x − 1. Nilai dari f(1)=⋯.

A.−10
B.−1
C.0
D.1
E.10

Pembahasan

Diketahui:

(fg)(x) = f(g(x)) = 8x3 − 20x2 + 22x − 10

Ditanyakan f(1)

Berarti:

g(x)= 1
2x − 1= 1
2x= 2
x= 1

Dengan demikian, nilai f(1) diperoleh saat x = 1.

f(g(x))= 8x3 − 20x2 + 22x − 10
f(g(x))= 8 × 13 − 20 × 12 + 22 × 1 − 10
= 8 − 20 + 22 − 10
= 0

Jadi, nilai dari f(1) adalah 0 (C).

Perdalam materi ini di Pembahasan Matematika UN: Komposisi Fungsi.

Dapatkan pembahasan soal dalam file pdf  di sini.

Simak Pembahasan Soal Matematika IPA UN 2019 Paket 2 selengkapnya.
No. 01 - 05No. 21 - 25
No. 06 - 10No. 26 - 30
No. 11 - 15No. 31 - 36
No. 16 - 20No. 37 - 40

Demikian, berbagi pengetahuan bersama Kak Ajaz. Silakan bertanya di kolom komentar apabila ada pembahasan yang kurang jelas. Semoga berkah.

No comments:

Post a Comment

Maaf, komentar yang tidak berhubungan dengan konten, banyak mengandung singkatan kata, atau mengandung link aktif, tidak kami tayangkan.

Komentar Anda akan kami moderasi sebelum kami tayangkan. Centang 'Notify me' agar Anda mendapat pemberitahuan lewat email bahwa komentar Anda sudah ditayangkan