Thursday 17 October 2019

Pembahasan Matematika SMP UN 2018 No. 36 - 40

Statistika, histogram, pembahasan soal matematika SMP UN 2018 no. 36-40

Pembahasan soal Matematika SMP Ujian Nasional (UN) tahun 2018 nomor 36 sampai dengan nomor 40 tentang:
  • statistika [median], 
  • statistika [rata-rata], 
  • statistika [diagram lingkaran], 
  • statistika [histogram], dan 
  • teori peluang.

Soal No. 36 tentang Statistika [median]

Perhatikan data berat badan (kg) dari 16 siswa berikut!

63, 58, 46, 57, 64, 52, 60, 46, 54, 55, 58, 65, 46, 46, 62, 56.

Median dari data tersebut adalah ….

A.   46,0
B.   50,0
C.   55,5
D.   56,5




Pembahasan

Median adalah nilai tengah dari data yang telah diurutkan.

46, 46, 46, 46, 52, 54, 55, 56, 57, 58, 58, 60, 62, 63, 64, 65.

Karena datanya ada 16 maka nilai tengah berada pada data ke-8 dan ke-9, yaitu 56 dan 57.

Menentukan median data tunggal

Jadi, median dari data tersebut adalah 56,5 (D).

Soal No. 37 tentang Statistika [rata-rata]

Rata-rata tinggi badan 32 orang siswa adalah 170,5. Jika satu siswa yang memiliki tinggi badan 154 disertakan, rata-rata tinggi badan seluruhnya adalah ….

A.   160 cm
B.   165 cm
C.   170 cm
C.   175 cm




Pembahasan

Rata-rata tinggi badan 32 orang siswa adalah 170,5.

32 siswa dengan rata-rata tinggi badan 170,5,  jumlah siswa 5456

Jika satu siswa yang memiliki tinggi badan 154 disertakan maka rata-ratanya:

Siswa dengan tinggi badan 154 cm diikutkan, rata-ratanya menjadi 170 cm

Jadi, rata-rata tinggi badan seluruh siswa adalah 170 cm (C).

Soal No. 38 tentang Statistika [diagram lingkaran]

Diagram berikut menyatakan kegemaran siswa “SMP TARUNA”

Diagram kegemaran olahraga SMP TARUNA, gambar soal no. 38 Matematika sMP UN 2018

Jika banyak siswa yang gemar voli sebanyak 54, banyak siswa yang gemar futsal adalah ….

A.   86 orang
B.   84 orang
C.   83 orang
D.   81 orang



Pembahasan

Sudut voli adalah 90° karena siku-siku, sedangkan sudut futsal adalah:

∠futsal= 360° − (60° + 90° + 75°)
= 360° − 225°
= 135°

Sekarang kita bandingkan data-data futsal dan voli.

Membandingkan data penggemar futsal dan voli

Jadi, banyak siswa yang gemar futsal adalah 81 orang (D).

Soal No. 39 tentang Statistika [histogram]

Buku Matematika SMP/MTs Kelas IX Semester I terdiri dari 6 BAB yang semuanya berjumlah 170 halaman dengan rincian: Judul dna Katalog = 2 halaman, Penjelasan Buku = 1 , Kata Sambutan = 1 halaman, Kata Pengantar = 1 halaman, Daftar Isi = 1 halaman, Kunci Jawaban = 1 halaman, Daftar Simbol = 1 halaman, Glosarium = 1 halaman, Indeks = 2 halaman, Daftar Pustaka = 1 halaman, Tes Kemampuan = 4 halaman, dan masing-masing BAB yang jumlah halamannya disajikan dalam diagram di bawah ini.

Histogram jumlah tiap BAB pada buku Matematika SMP kelas IX, gambar soal no. 39 Matematika SMP UN 2018

Banyak halaman pada BAB IV adalah ….

A.   20
B.   22
C.   28
D.   32




Pembahasan

Misal LB adalah jumlah halaman di luar BAB sedangkan DB adalah jumlah halaman di dalam BAB maka:

LB= 2 + 1 + 1 + 1 + 1 + 1 + 1 + 1 + 2 + 1+ 4
= 16

Jika x adalah jumlah halaman pada BAB IV maka:

DB= 30 + 26 + 32 + x + 24 + 20
= 132 + x

Sementara itu, jumlah seluruh halaman dalam buku tersebut adalah 170 halaman sehingga:

LB + DB= 170
16 + 132 + x= 170
148 + x= 170
x= 170 − 148
= 22

Jadi, banyak halaman pada BAB IV adalah 22 halaman (B).

Soal No. 40 tentang Teori Peluang

Dalam kantong terdapat tiga bola berwarna merah diberi nomor 1 – 3, lima bola berwarna kuning diberi nomor 4 – 8, dan empat bola berwarna hijau diberi nomor 9 – 12. Tiga bola diambil satu per satu secara acak dari dalam kantong. Pengambilan pertama, muncul bola merah bernomor genap dan tidak dikembalikan. Pengambilan kedua, muncul bola hijau bernomor prima dan tidak dikembalikan. Peluang terambilnya bola bernomor ganjil pada pengambilan ketiga adalah ….

A.   30%
B.   40%
C.   50%
D.   60%




Pembahasan

Dari 12 bola yang diberi nomor 1 – 12 terdapat 6 nomor genap dan 6 nomor ganjil.

Pengambilan pertama, muncul bola bernomor genap. Karena tidak dikembalikan, bola bernomor genap tinggal 5 dan jumlah bola tinggal 11.

Pengambilan kedua, muncul bola bernomor prima antara 9 – 12, yaitu 11 (ganjil). Karena tidak dikembalikan, bola bernomor ganjil tinggal 5 dan jumlah bola tinggal 10.

Peluang terambil bola bernomor ganjil pada pengambilan ketiga adalah:

Cara menentukan peluang terambil bola bernomor ganjil pada pengambilan ketiga

Jadi, peluang terambilnya bola bernomor ganjil pada pengambilan ketiga adalah 50% (C).

Simak Pembahasan Soal Matematika SMP UN 2018 selengkapnya.
No. 01 - 05No. 21 - 25
No. 06 - 10No. 26 - 30
No. 11 - 15No. 31 - 35
No. 16 - 20No. 36 - 40

Simak juga:
Pembahasan Matematika SMP UN 2014
Pembahasan Matematika SMP UN 2015
Pembahasan Matematika SMP UN 2016
Pembahasan Matematika SMP UN 2017
Pembahasan Matematika SMP UN 2019
Pembahasan Matematika SMP UN 2019 (2)

Dapatkan pembahasan soal dalam file pdf  di sini.

Demikian, berbagi pengetahuan bersama Kak Ajaz. Silakan bertanya di kolom komentar apabila ada pembahasan yang kurang jelas. Semoga berkah.

No comments:

Post a Comment

Maaf, komentar yang tidak berhubungan dengan konten, banyak mengandung singkatan kata, atau mengandung link aktif, tidak kami tayangkan.

Komentar Anda akan kami moderasi sebelum kami tayangkan. Centang 'Notify me' agar Anda mendapat pemberitahuan lewat email bahwa komentar Anda sudah ditayangkan