Pembahasan soal Matematika SMP Ujian Nasional (UN) tahun 2019 nomor 1 sampai dengan nomor 5 tentang:
- mengurutkan bilangan,
- operasi bilangan berpangkat,
- operasi bentuk akar,
- bilangan bulat, dan
- bilangan pecahan.
Soal No. 1 tentang Mengurutkan Bilangan
Jika bilangan 0,65; 5/8; 0,7; 69% diurutkan dari yang terkecil maka hasilnya adalah ….
A. 0,65; 0,7; 5/8; 69%
B. 0,65; 69%; 5/8; 0,7
C. 5/8; 0,65; 69%; 0,7
D. 5/8; 0,7; 0,65; 69%
A. 0,65; 0,7; 5/8; 69%
B. 0,65; 69%; 5/8; 0,7
C. 5/8; 0,65; 69%; 0,7
D. 5/8; 0,7; 0,65; 69%
Pembahasan
Untuk memudahkan mengurutkan bilangan, semua bilangan diubah dulu ke bentuk desimal. Empat bilangan di atas yang tidak berbentuk desimal hanya 5/8 dan 69%.5/8 = 0,625
69% = 0,69
Dengan demikian, urutan bilangan tersebut dari yang paling kecil adalah:
0,625; 0,65; 0,69; 0,7
atau
5/8; 0,65; 69%; 0,7
Jadi, urutan bilangan dari yang terkecil adalah opsi (C).
Perdalam materi ini di Operasi Bilangan Pecahan [Soal UN dan Pembahasan].
Soal No. 2 tentang Operasi Bilangan Berpangkat
Hasil dari (2√2)−2 adalah ….
A. 1/16
B. 1/8
C. 1/4
D. 1/2
A. 1/16
B. 1/8
C. 1/4
D. 1/2
Pembahasan
Pangkat negatif kita ubah menjadi pangkat positif dengan cara dibalik.Jadi, hasil dari bentuk akar tersebut adalah 1/8 (B).
Perdalam materi ini di Operasi Bilangan Berpangkat [Soal UN dan Pembahasan].
Soal No. 3 tentang Operasi Bentuk Akar
Hasil dari 3√6 × 2√2 + 4√3 adalah ….
A. 15√3
B. 16√3
C. 28√3
D. 50√3
A. 15√3
B. 16√3
C. 28√3
D. 50√3
Pembahasan
Yang perlu diubah hanya perkaliannya saja.3√6 × 2√2 + 4√3
= 6√12 + 4√3
= 6√(4×3) + 4√3
= 6 × 2√3 + 4√3
= 12√3 + 4√3
= 16√3
Jadi, hasil dari bentuk akar tersebut adalah 16√3 (B).
Perdalam materi ini di Operasi Bilangan Bentuk Akar [Soal UN dan Pembahasan].
Soal No. 4 tentang Bilangan Bulat
Pada tes kemampuan bahasa, skor total ditentukan dengan aturan skor 4 untuk jawaban benar, skor −2 untuk jawaban salah, dan skor −1 untuk jawaban kosong. Dari 40 soal yang diberikan, Fina menjawab semua soal dan memperoleh skor 100. Banyak soal yang dijawab Fina dengan benar adalah ….
A. 25 soal
B. 30 soal
C. 35 soal
D. 40 soal
A. 25 soal
B. 30 soal
C. 35 soal
D. 40 soal
Pembahasan
Misal x adalah banyak soal yang dijawab benar sedangkan y adalah banyak soal yang dijawab salah.x + y | = | 40 |
y | = | 40 − x … (1) |
Skor 4 untuk jawaban benar dan skor −2 untuk jawaban salah. Total skor 100.
4x − 2y | = | 100 |
2x − y | = | 50 … (2) |
Substitusi persamaan (1) dan (2) diperoleh:
2x − (40 − x) | = | 50 |
2x − 40 + x | = | 50 |
3x | = | 90 |
x | = | 30 |
Jadi, banyak soal yang dijawab Fina dengan benar adalah 30 soal (B).
Perdalam materi ini di Operasi Bilangan Bulat [Soal UN dan Pembahasan].
Soal No. 5 tentang Bilangan Pecahan
Jika Hari Pendidikan Nasional pada tanggal 2 Mei adalah hari Senin, HUT Kemerdekaan tanggal 17 Agustus pada tahun yang sama adalah ….
A. hari Rabu
B. hari Kamis
C. hari Sabtu
D. hari Minggu
A. hari Rabu
B. hari Kamis
C. hari Sabtu
D. hari Minggu
Pembahasan
Kita hitung dulu jarak antara tanggal 2 Mei ke 17 Agustus.Angka 107 ini kemudian kita bagi dengan 7 (jumlah hari dalam seminggu).
Sisa 2 hari ini berarti, jika tanggal 2 Mei hari Senin maka tanggal 17 Agustus adalah:
Senin + 2 hari = Rabu
Jadi, jika 2 Mei hari Senin maka HUT Kemerdekaan tanggal 17 Agustus adalah hari Rabu (A).
Perdalam materi ini di Operasi Bilangan Pecahan [Soal UN dan Pembahasan].
Simak Pembahasan Soal Matematika SMP UN 2019 selengkapnya.
No. 01 - 05 | No. 21 - 25 |
No. 06 - 10 | No. 26 - 30 |
No. 11 - 15 | No. 31 - 35 |
No. 16 - 20 | No. 36 - 40 |
Dapatkan pembahasan soal dalam file pdf di sini.
Demikian, berbagi pengetahuan bersama Kak Ajaz. Silakan bertanya di kolom komentar apabila ada pembahasan yang kurang jelas. Semoga berkah.
No comments:
Post a Comment
Maaf, komentar yang tidak berhubungan dengan konten, banyak mengandung singkatan kata, atau mengandung link aktif, tidak kami tayangkan.
Komentar Anda akan kami moderasi sebelum kami tayangkan. Centang 'Notify me' agar Anda mendapat pemberitahuan lewat email bahwa komentar Anda sudah ditayangkan