- ukuran pemusatan,
- ukuran letak dan penyebaran,
- kaidah pencacahan (perkalian),
- kaidah pencacahan (kombinasi), serta
- peluang kejadian.
Soal No. 36 tentang Statistika (ukuran pemusatan)
Perhatikan histogram berikut ini!
Modus data pada histogram adalah ....
A. 24,5
B. 24,9
C. 25,5
D. 25,9
E. 26,5
Pembahasan
Perhatikan gambar berikut ini!
Daerah yang berwarna orange adalah kelas modus (yang paling tinggi). Berikut ini data-data yang berkaitan dengan kelas modus.
tb : tepi bawah kelas modus
tb = ½ (20 + 25)
= 22,5
d1 : selisih frekuensi kelas modus dengan kelas sebelumnya
d1 = 12 − 8
= 4
d2 : selisih frekuensi kelas modus dengan kelas sesudahnya
d2 = 12 − 6
= 6
i : lebar kelas
i = 15 − 10
= 5
Mari kita masukkan data-data tersebut ke dalam rumus modus berikut ini.
Jadi, modus data histogram di atas adalah 24,5 (A).
Perdalam materi ini di Pembahasan Matematika IPA UN: Statistika.
Soal No. 37 tentang Statistika (ukuran letak dan penyebaran)
Berat badan 40 siswa disajikan dalam tabel distribusi frekuensi berikut ini.
Kuartil bawah dari data tersebut adalah ....
A. 48,0 kg
B. 47,5 kg
C. 47,0 kg
D. 46,5 kg
E. 46,0 kg
Berat (kg) | Frekuensi |
41 - 45 46 - 50 51 - 55 56 - 60 61 - 65 | 5 10 14 6 5 |
Kuartil bawah dari data tersebut adalah ....
A. 48,0 kg
B. 47,5 kg
C. 47,0 kg
D. 46,5 kg
E. 46,0 kg
Pembahasan
Kuartil bawah terletak pada 1/4 dari jumlah seluruh data. Karena jumlah data pada soal tersebut 40, kuartil bawah terletak pada kelas kedua. Perhatikan tabel berikut.
Data-data yang dapat diperoleh:
N = 40
f = 15
fk = 5
tb1 = 46 − 0,5
= 45,5
i = 56 − 51
= 5
Sekarang kita masukkan data-data tersebut pada rumus kuartil bawah berikut ini.
Jadi, kuartil bawah dari data tersebut adalah 48,0 (A).
Perdalam materi ini di Pembahasan Matematika IPA UN: Statistika.
Soal No. 38 tentang Kaidah Pencacahan (perkalian)
Dari angka 1, 2, 3, 4, 5, 6, dan 7 akan disusun bilangan genap terdiri dari 3 angka berbeda. Banyak bilangan genap yang dapat disusun adalah ....
A. 60
B. 90
C. 108
D. 120
E. 126
A. 60
B. 90
C. 108
D. 120
E. 126
Pembahasan
Bilangan genap terdiri dari 3 angka artinya bilangan genap tersebut mempunyai posisi satuan, puluhan, dan ratusan. Sedangkan yang harus bernilai genap adalah posisi satuan.Dari angka 1, 2, 3, 4, 5, 6, dan 7 yang harus menempati posisi satuan hanya 3 bilangan, yaitu 2, 4, dan 6. Sedangkan posisi puluhan ditempati oleh 6 dari 7 bilangan yang tersedia (karena 1 bilangan sudah menempati satuan).
Sementara itu, posisi ratusan ditempati oleh 5 bilangan (karena 2 bilangan masing-masing telah menempati satuan dan puluhan). Dengan demikian, banyaknya bilangan genap yang tersusun adalah
3 × 6 × 5 = 90
Jadi, ada 90 bilangan genap dalam susunan tersebut (B).
Soal No. 39 tentang Kaidah Pencacahan (kombinasi)
Jika setiap dua zat kimia yang berbeda dicampurkan menghasilkan zat kimia baru maka dari lima zat kimia yang berbeda dapat membentuk zat baru sebanyak ....
A. 15
B. 10
C. 8
D. 7
E. 6
A. 15
B. 10
C. 8
D. 7
E. 6
Pembahasan
Persoalan di atas adalah kombinasi, karena mencampur zat A dan zat B hasilnya sama dengan zat B dan zat A (ciri kombinasi AB = BA).Lima zat diambil dua:
Jadi, banyaknya zat baru yang terbentuk adalah 10 zat (B).
Perdalam materi ini di Pembahasan Matematika IPA UN: Kaidah Pencacahan, Permutasi, dan Kombinasi.
Soal No. 40 tentang Peluang Kejadian
Sebuah kotak berisi 6 bola merah dan 4 bola kuning. Dari kotak tersebut diambil tiga bola sekaligus. Peluang bahwa bola yang terambil dua bola merah dan satu bola kuning sama dengan ....
A. 2/3
B. 1/2
C. 1/3
D. 3/10
E. 1/4
A. 2/3
B. 1/2
C. 1/3
D. 3/10
E. 1/4
Pembahasan
Jumlah seluruh bola ada 10 diambil 3 bola sekaligus.Jumlah bola merah ada 6 diambil 2.
Jumlah bola kuning ada 4 diambil 1.
Peluang bola yang terambil 2 merah dan 1 kuning adalah
Jadi, peluang terambilnya 2 bola merah dan 1 bola kuning dalam 3 pengambilan sekaligus adalah 1/2 (B).
Perdalam materi ini di Pembahasan Matematika IPA UN: Teori Peluang.
Simak Pembahasan Soal Matematika IPA UN 2014 selengkapnya.
No. 01 - 05 | No. 21 - 25 |
No. 06 - 10 | No. 26 - 30 |
No. 11 - 15 | No. 31 - 35 |
No. 16 - 20 | No. 36 - 40 |
Simak juga:
Pembahasan Matematika IPA UN 2013
Pembahasan Matematika IPA UN 2015
Pembahasan Matematika IPA UN 2016
Pembahasan Matematika IPA UN 2017
Pembahasan Matematika IPA UN 2018
Pembahasan Matematika IPA UN 2019
Pembahasan Matematika IPA UN 2019 Paket 2
Dapatkan pembahasan soal dalam file pdf di sini.
Demikian, berbagi pengetahuan bersama Kak Ajaz. Silakan bertanya di kolom komentar apabila ada pembahasan yang kurang jelas. Semoga berkah.
makasih banget kak, sangat membantu !
ReplyDeleteSama-sama. Semoga bermanfaat
DeleteKak itu yg panjang kls gak 6 Tah kakak?
ReplyDeleteNomor berapa ya, 36 atau 37?
DeletePanjang kelas adalah selisih:
- antar-interval bawah yang berdekatan,
- antar-interval atas yang berdekatan,
- antar-tepi bawah yang berdekatan,
- antar-tepi atas yang berdekatan, atau
- antar-titik tengah yang berdekatan
Pada kedua soal di atas panjang kelasnya kebetulan sama, yaitu 5. Jika diganti 6 maka soal no. 37 tidak ada jawabannya.
Nomor 36 mungkin maksudnya kak
DeleteKalau nomor 36, panjang kelas bisa diartikan selisih antar titik tengah yang berdekatan:
Delete10 - 5 = 5 atau
15 - 10 = 5 dst
Alhamdulillah makasih kak membantu banget
ReplyDeleteSam-sama. Semoga berkah dan manfaat
Delete