Saturday 12 October 2019

Pembahasan Matematika IPS UN 2019 No. 37 - 40 [Isian]

Percaya diri menghadapi UN, Pembahasan soal isian Matematika IPS UN 2019 no. 37-40

Pembahasan soal Ujian Nasional (UN) tahun 2019 bidang studi Matematika SMA-IPS nomor 37 sampai dengan nomor 40 tentang:
  • program linear, 
  • aplikasi turunan, 
  • trigonometri, dan 
  • teori peluang.

SOAL ISIAN

Soal No. 37 tentang Program Linear

Tanah seluas 600 m2 dijadikan lahan parkir mobil dan bus. Luas rata-rata untuk parkir sebuah mobil 5 m2 dan untuk sebuah bus 20 m2. Lahan parkir itu tidak dapat membuat lebih dari 70 kendaraan. Andaikan banyak mobil yang dapat ditampung dinyatakan dengan x dan banyak bus yang dapat ditampung dinyatakan y, sistem pertidaksamaan linear dua variabel yang sesuai dengan persoalan tersebut dalam x dan y adalah sebagai berikut: x + ay ≤ 120, x + y = 70, y ≥ 0. Nilai a yang memenuhi adalah ….




Pembahasan

Luas parkir sebuah mobil 5 m2 dan luas parkir sebuah bus 20 m2. Sedangkan luas lahan parkir 600 m2.

5x + 20y ≤ 600
    x + 4y ≤ 120     [dibagi 5]

Jika kita bandingkan dengan pertidaksamaan pada soal, yang sesuai adalah:

x + ay ≤ 120
x + 4y ≤ 120

Dari perbandingan dua pertidaksamaan tersebut diperoleh a = 4.

Jadi, nilai a yang memenuhi adalah 4.

Soal No. 38 tentang Aplikasi Turunan

Kawat yang panjangnya 128 cm akan dibentuk menjadi lima persegi panjang seperti pada gambar berikut.

Kawat 128 cm dibentuk menjadi 5 persegi panjang, soal isian no. 38 Matematka IPS UN 2019

Luas maksimum daerah yang dapat dibuat dengan kawat adalah … cm2.



Pembahasan

Banyak rusuk x pada bangun tersebut ada 8 dan banyak rusuk y juga ada 8, diperoleh persamaan:

8x + 8y = 128
    x + y = 16
          y = 16 − x … (1)

Luas setiap persegi panjang tersebut adalah xy cm2. Sedangkan jumlah persegi panjang tersebut ada 5 buah sehingga luas totalnya adalah:

L = 5xy
   = 5x(16 − x)
   = 80x − 5x2

Agar luas bangun tersebut maksimum maka turunan fungsi luas harus sama dengan nol.

           L' = 0
80 − 10x = 0
        10x = 80
            x = 8

Substitusi x = 8 ke persamaan (1) diperoleh:

8 + y = 16
      y = 8

Dengan demikian, luas maksimum daerah tersebut adalah:

L = 5xy
   = 5 × 8 × 8
   = 320

Jadi, luas maksimum daerah yang dapat dibuat dengan kawat adalah 320 cm2.

Soal No. 39 tentang Trigonometri

Andi berada di titik A dan berjarak 6√3 m dari titik B dengan sudut elevasi di titik A terhadap puncak tiang bendera adalah 60°. Andi ingin memasang tali dengan cara merobohkan tiang bendera. Dia harus bergerak menuju titik C sehingga jarak antara ujung tiang bendera ke titik C adalah 2 m seperti gambar berikut.

Andi memasang tali dengan cara merobohkan tiang bendera, gambar soal isian no. 39 matematika IPS UN 2019

Jika α adalah sudut yang dibentuk BP’ dan BC, nilai dari 1/sin ⁡α adalah ….




Pembahasan

Perhatikan gambar di bawah ini!

Keterangan gambar pemasangan tali pada tiang bendera

Pandang segitiga ABP!

tan 60 merupakan perbandingan antara BP terhadap AB

Sekarang pandang segitiga BCP’!
Panjang BP’ = BP = 18 m.

sin⁡ α adalah perbandingan CP' terhadap BP' pada segitiga BCP'

Jadi, nilai dari 1/sin⁡ α adalah 9.

Soal No. 40 tentang Teori Peluang

Di dalam sebuah kantong terdapat 3 dadu berwarna hitam, 2 dadu berwarna coklat, dan 2 dadu berwarna merah. Jika diambil 2 buah dadu secara acak, peluang terambil kedua dadu berlainan warna adalah a/b, dengan a/b merupakan bilangan pecahan yang paling sederhana. Nilai a + b = ⋯.




Pembahasan

Banyak kejadian terambilnya 2 bola dari 7 bola (jumlah bola hitam, coklat, dan merah) adalah:

Banyak kejadian terambilnya 2 bola dari 7 bola (jumlah bola hitam, coklat, dan merah)

Misal A adalah kejadian terambil 2 bola berlainan warna. Ada 3 kemungkinan 2 bola berlainan warna, yaitu:

n(A) = banyak kejadian terambil 2 dadu berlainan warna

Peluang kejadian A adalah:

Peluang kejadian A; terambilnya 2 bola berlainan warna

Dengan demikian,

a + b = 16 + 21
         = 37

Jadi, nilai a+b adalah 37.

Simak Pembahasan Soal Matematika IPS UN 2019 selengkapnya.
No. 01 - 05No. 21 - 25
No. 06 - 10No. 26 - 30
No. 11 - 15No. 31 - 36
No. 16 - 20No. 37 - 40

Simak juga:
Pembahasan Matematika IPS UN 2014
Pembahasan Matematika IPS UN 2015
Pembahasan Matematika IPS UN 2016
Pembahasan Matematika IPS UN 2017
Pembahasan Matematika IPS UN 2018

Dapatkan pembahasan soal dalam file pdf  di sini.

Demikian, berbagi pengetahuan bersama Kak Ajaz. Silakan bertanya di kolom komentar apabila ada pembahasan yang kurang jelas. Semoga berkah.

No comments:

Post a Comment

Maaf, komentar yang tidak berhubungan dengan konten, banyak mengandung singkatan kata, atau mengandung link aktif, tidak kami tayangkan.

Komentar Anda akan kami moderasi sebelum kami tayangkan. Centang 'Notify me' agar Anda mendapat pemberitahuan lewat email bahwa komentar Anda sudah ditayangkan