Pembahasan soal-soal Ujian Nasional (UN) tahun 2019 bidang studi Matematika SMA-IPA nomor 6 sampai dengan nomor 10 tentang:
- fungsi,
- komposisi fungsi,
- invers fungsi,
- matriks, dan
- transformasi geometri.
Soal No. 6 tentang Fungsi
Agar fungsi
terdefinisi maka daerah asal f(x) adalah ….
A. {x│x ≤ −4/3, x ≠ −2, x ∈ R}
B. {x│x ≥ 4/3, x ∈ R}
C. {x│x ≥ −2, x ∈ R}
D. {x│−2 ≤ x ≤ 4/3, x ∈ R}
E. {x│x ≤ −2 atau x ≥ 4/3, x ∈ R}
terdefinisi maka daerah asal f(x) adalah ….
A. {x│x ≤ −4/3, x ≠ −2, x ∈ R}
B. {x│x ≥ 4/3, x ∈ R}
C. {x│x ≥ −2, x ∈ R}
D. {x│−2 ≤ x ≤ 4/3, x ∈ R}
E. {x│x ≤ −2 atau x ≥ 4/3, x ∈ R}
Pembahasan
Fungsi di atas adalah fungsi akar. Agar terdefinisi, fungsi tersebut harus memenuhi syarat akar: yang diakar harus lebih besar atau sama dengan nol.Sementara itu, fungsi yang diakar berbentuk pecahan sehingga penyebutnya tidak boleh sama dengan nol.
x + 2 ≠ 0
x ≠ −2
Garis bilangan dari kedua syarat tersebut adalah:
Dengan demikian hasil penyelesaiannya adalah:
x ≥ 4/3
Jadi, daerah asal fungsi tersebut adalah opsi (B).
Perdalam materi ini di Soal FUNGSI Matematika UN SMA-IPA dan Pembahasan.
Soal No. 7 tentang Komposisi Fungsi
Diketahui fungsi f : R → R dan g : R → R. Jika diketahui (f ∘ g)(x) = x3 − 6x2 + 10x − 3 dan g(x) = x − 2, nilai dari f(2) adalah ….
A. 0
B. 1
C. 4
D. 5
E. 8
A. 0
B. 1
C. 4
D. 5
E. 8
Pembahasan
Diketahui:(f ∘ g)(x) = f(g(x)) = x3 − 6x2 + 10x − 3
Ditanyakan f(2)
Berarti:
g(x) = 2
x − 2 = 2
x = 4
Dengan demikian, nilai f(2) diperoleh saat x = 4.
f(g(x)) = x3 − 6x2 + 10x − 3
f(2) = 43 − 6 . 42 + 10 . 4 − 3
= 64 − 96 + 40 − 3
= 5
Jadi, nilai dari f(2) adalah 5 (D).
Perdalam materi ini di Pembahasan Matematika UN: Komposisi dan Invers Fungsi.
Soal No. 8 tentang Invers Fungsi
Diketahui fungsi f(x) = √(2x + 3), dengan x ≥ −3/2. Jika f−1(x) adalah invers dari fungsi f(x), nilai dari f-1(3) = ….
A. 6
B. 3
C. 3/2
D. −1/2
E. −1
A. 6
B. 3
C. 3/2
D. −1/2
E. −1
Pembahasan
Menentukan invers fungsi atau fungsi kebalikan dapat dilakukan dengan cara meletakkan variabel x di ruas kiri terlebih dahulu.f(x) = √(2x + 3)
y = √(2x + 3)
y2 = 2x + 3
2x = y2 − 3
x = 1/2 (y2 − 3)
Kemudian x di ruas ini kita ubah menjadi f-1(x) sedangkan y di ruas kanan kita ubah menjadi x.
f-1(x) = 1/2 1/2 (x2 − 3)
Nah, sekarang tinggal memasukkan nilai x = 3.
f-1(3) = 1/2 (32 − 3)
= 1/2 ⋅ 6
= 3
Jadi, nilai dari f-1(3) adalah 3 (B).
Perdalam materi ini di Pembahasan Matematika UN: Komposisi dan Invers Fungsi.
Soal No. 9 tentang Matriks
Diketahui
Jika AB = C maka nilai a + b = ….
A. 2
B. 5
C. 6
D. 7
E. 10
Jika AB = C maka nilai a + b = ….
A. 2
B. 5
C. 6
D. 7
E. 10
Pembahasan
Diperoleh persamaan linear:
3a + b = 11
7a + 6b = 44
Mari kita eliminasikan kedua persamaan tersebut dengan mengalikan 6 pada persamaan kedua
18a + 6b = 66 (dikalikan 6)
7a + 6b = 44
⎯⎯⎯⎯⎯⎯⎯⎯⎯ −
11a = 22
a = 2
Substitusi a = 2 ke persamaan pertama diperoleh:
3 ⋅ 2 + b = 11
b = 5
Dengan demikian,
a + b = 2 + 5
= 7
Jadi, nilai a + b adalah 7 (D).
Perdalam materi ini di Pembahasan Matematika UN: Matriks.
Soal No. 10 tentang Transformasi Geometri
Misalkan A’(−2, −3) dan B’(5, 7) adalah hasil bayangan titik A(0, −1) dan B(1, 2) oleh transformasi matriks X berordo 2×2. Jika C’(−1, −2) adalah bayangan titik C oleh transformasi tersebut, titik C adalah ….
A. (1, −1)
B. (−1, 4)
C. (−3, −8)
D. (−5, −4)
E. (−5, −7)
A. (1, −1)
B. (−1, 4)
C. (−3, −8)
D. (−5, −4)
E. (−5, −7)
Pembahasan
Matriks transformasi X berordo 2×2, misalBayangan A oleh transformasi X berlaku hubungan
Sehingga diperoleh:
b = 2
d = 3
Demikian juga bayangan B oleh transformasi X berlaku hubungan
Sehingga diperoleh:
a + 2b = 5
c + 2d = 7
Substitusi b = 2 dan d = 3 pada kedua persamaan di atas diperoleh:
a + 2∙2 = 5
a = 1
c + 2∙3 = 7
c = 1
Dengan demikian matriks transformasi X adalah:
Sedangkan invers matriks transformasi X adalah:
Untuk menentukan titik C dari C’ berlaku hubungan:
Jadi, titik C adalah (1,-1) (A).
Perdalam materi ini di Pembahasan Matematika UN: Transformasi Geometri.
Simak Pembahasan Soal Matematika IPA UN 2019 selengkapnya.
No. 01 - 05 | No. 21 - 25 |
No. 06 - 10 | No. 26 - 30 |
No. 11 - 15 | No. 31 - 36 |
No. 16 - 20 | No. 37 - 40 |
Dapatkan pembahasan soal dalam file pdf di sini.
Demikian, berbagi pengetahuan bersama Kak Ajaz. Silakan bertanya di kolom komentar apabila ada pembahasan yang kurang jelas. Semoga berkah.
No comments:
Post a Comment
Maaf, komentar yang tidak berhubungan dengan konten, banyak mengandung singkatan kata, atau mengandung link aktif, tidak kami tayangkan.
Komentar Anda akan kami moderasi sebelum kami tayangkan. Centang 'Notify me' agar Anda mendapat pemberitahuan lewat email bahwa komentar Anda sudah ditayangkan